Mandiri Mobile; Aplikasi Berbasis Android Pengganti SMS Banking

Mandiri Mobile; Aplikasi Berbasis Android Pengganti SMS Banking
Mandiri Mobile. Sumber gambar: TapakRantau

Mandiri Mobile saya sudah lama tahu ada di playstore smartphone Android, tapi baru kemarin untuk pertama kalinya saya install demi menikmati fasilitas yang lebih mudah. Awalnya begini, saya datang ke Bank Mandiri di Jalan Sudirman untuk menonaktifkan fasilitas SMS banking. Kenapa? Karena satu notifikasi transaksi itu menyedot pulsa Rp550,-. Semua transaksi pasti ada notifikasinya sebab limit minimumnya Rp20.000,-. Bagian layanan pelanggan kemudian memberikan saya 2 opsi. Menonaktifkan atau menaikkan limit notifikasi. Saya masih berpikiran untuk sama sekali tidak menggunakannya. Toh saya pernah mencoba membeli pulsa via SMS banking selalu gagal.

Setelah ditelusuri, rupanya fasilitas SMS banking saya tidak terupgrade dengan sistem yang baru. Kemudian saya diperkenalkan dengan fasilitas Mandiri Mobile. Saya ditawarkan untuk memasang aplikasi tersebut. Kebetulan berhadapan dengan layanan pelanggan, saya coba saya. Dulu pernah coba, tapi tidak begitu mengesankan.

Proses instalasinya cepat, atau mungkin karena paketan data juga, saya tidak begitu paham. Setelah terpasang kemudian saya aktivasi sambil bagian pelanggan memantau dari komputernya. Dia menyarankan agar password yang saya gunakan sama dengan internet banking. Saya pikir password yang 6 digit, ternyata username di internet banking dengan kombinasi huruf dan angka.

Setelah teraktivasi, saya pun mencoba salah satu transaksi. Kalau gagal kan bisa dibantu. Saya beli pulsa dan prosesnya memang tidak sulit dan langsung masuk. Untuk pulsa juga sama dengan internet banking, kena charge Rp1.500,- per transaksi.

Nah, selesai. Sekarang saya tidak perlu lagi khawatir pulsa tersedot akibat notifikasi, karena limitnya saya naikkan ke jumlah di mana saya tidak akan pernah bertransaksi nominal itu dan sebagai gantinya punya Mandiri Mobile. Token internet banking pun jika tertinggal di rumah jadi tidak masalah.

Transaksi yang bisa dilakukan via Mandiri Mobile selain mengecek saldo dan pembelian pulsa, juga bisa untuk transfer sesama Mandiri, kliring, RTGS, dan online. pembayaran layanan pascabayar telepon, internet, TV kabel, listrik, kartu kredit, pajak, pinjaman, asuransi, pendidikan, tiket, tour & travel, PAM, zakat , dan sebagainya di layanan lain-lain

Oh ya, jangan sampai lupa dengan password Mandiri Banking Anda. Sebab layanan ini akan otomatis ter-logout jika dalam rentang waktu tertentu tidak digunakan, seperti halnya internet banking. Namun begitu, tetaplah hati-hati dalam penggunaan Mandiri Mobile, sebab banyak orang tidak bertanggung jawab yang selalu mengincar saldo di rekening Anda.

 

Jogja, 26 Juni 2016

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response