Memories…Do Not Open (2017); Album Baru The Chainsmokers Rilis 7 April 2017

Memories...Do Not Open (2017); Album Baru The Chainsmokers Rilis 7 April 2017
Memories…Do Not Open (2017). Sumber gambar: genius.com

Sebelum meluncurkan full album berjudul Memories…Do Not Open, sebanyak 12 track dengan total durasi 43 menit untuk didengarkan secara keseluruhan, cobalah dengarkan beberapa karya duo DJ muda asal New York ini yang pasti familiar di telinga generasi millennial.

Dimulai dari yang paling awal. #Selfie yang tidak jauh-jauh mengangkat tentang budaya memotret diri sendiri di tengah aktivitas tidak penting, semacam mengomentari orang lain di dalam rest room. Siapa manusia di dunia ini yang tidak pernah memotret dirinya sendiri jika punya smartphone dengan kamera depan? Itu tahun 2014.

Di tahun 2015, menggandeng Halsey dengan track Closer merajai tangga lagu Amerika Serikat dan Inggris. Indonesia jelas terkena pesonanya. Versi yang studio ya. Ketika menonton penampilan The Chainsmokers dan Halsey secara live di ajang MTV VMA 2016, saya langsung menyadari, tidak semua suara yang baik di studio akan bagus ketika diuji di panggung, meski dengan kualitas sound secanggih apa pun. Andrew Taggart seperti tidak menemukan posisi yang pas untuk suaranya yang memang tidak banyak bermain nada. Rekannya, Alex Pall, lebih memilih menampilkan dirinya sebagai DJ ketimbang penyanyi. Auto tune? Ah sudahlah. Teknologi memang diciptakan untuk menutupi kekurangan.

Taggart menyanyi lagi ketika tampil untuk iHeartRadio Music Awards 2017, medley Paris dan Something Just Like This. Dan silakan nonton dan menilai sendiri bagaimana kualitas suara cowok kelahiran 31 December 1989 ini. Keburu tersihir dengan ketampanannya sehingga sulit bersikap objektif? Tontonlah di Youtube sambil browsing atau kepoin sosmed gebetan. Niscaya kau akan mendapati kenyataan.

Tapi, jangan salah. Mereka adalah DJ yang sangat keren dalam hal mixing lagu plus ngajakin penonton meloncat-loncat dengan cara ikut meloncat-loncat lebih heboh sampai ke atas meja. Suasana yang liar dengan kamera sering menyorot penonton perempuan yang seksi, mereka buat di Ultra Music Festival 2016. Satu jam lebih dihajar dengan musik seperti itu, saya akui penontonnya punya ketahanan fisik yang mengagumkan. DJ seharusnya memang punya stamina lebih. Kalau yang mau duduk manis, jadi pianis atau tukang semir sepatu sekalian.

 

 

Untuk album perdana yang berjudul Memories…Do Not Open di bawah naungan sejuk Columbia Records, terasa seperti deretan track kloningan Closer. Dengan sound yang tidak banyak memamerkan variasi. Beberapa vokal selain milik Taggart berasal dari Emily Warren pada track no. 4: Don’t Say dan no. 6: My Type. Louane untuk track no. 7: It Won’t Kill Ya. Di track no. 10; Wake up ada Jhené Aiko. Di track penutup, mereka berkolaborasi dengan Florida Georgia Line. Dan, tentu saja kolaborasi paling keren paling jempol adalah dengan Chris Martin (atau Coldplay ya) untuk track Something Just Like This. The Chainsmokers adakalanya berusaha menjauh dari bayang-bayang Closer, namun sepertinya mereka berdua merasa sangat cocok dengan kemasan serupa itu. Setelah menonton penampilan mereka yang begitu energetik, tidaklah aneh jika saya mengharap album yang rilis tepat hari ini 7 April 2017, akan bisa menjadi teman setia saya saat berlatih sprint atau lempar lembing. Gagal deh, cukup untuk jadi teman saat saya menyetrika pakaian yang sebulan saya tumpuk di kamar saja.

NB: Berikut ini rekaman sewaktu mereka tampil di Tomorrowland Belgium 2016. Enjoy!

Jogja, 7 April 2017

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response