Mulholland Drive (2001); Film Tentang Gangguan Halusinasi dan Cinta

Mulholland Drive (2001); Film Tentang Gangguan Halusinasi dan Cinta
Mulholland Drive (2001). Sumber gambar: moviepostershop.com

Mulholland Drive yang bernuansa Hollywood ini menjadi bersinar di tangan sutradara David Lynch, tentu saja tak lepas dari akting Naomi Watts (About Ray, Demolition) sebagai Betty, seorang aktris baru yang menghuni apartemen tantenya yang sedang syuting untuk sementara waktu. Dengan alur cerita di awal yang mudah dimengerti kemudian menjelang ending, muncullah cerita yang sebenarnya. Absurdnya bikin geleng-geleng kepala.

Betty si calon aktris dengan tampang lugunya bertemu dengan seorang korban kecelakaan fatal yang amnesia bernama Rita. Mengira Rita adalah kenalan tantenya, dia pun tidak curiga. Namun pada akhirnya ketahuan juga jika Rita adalah orang asing yang kebingungan dengan dirinya sendiri.

Usaha untuk mengembalikan ingatan Rita ternyata tidak mudah. Saya berpikir, mungkin Rita ini seorang aktris atau bagaimana. Lalu mengapa orang-orang tidak mengenali wajahnya. Sementara itu ada cerita lain tentang seorang sutradara bernama Adam yang berada di bawah tekanan untuk menerima seorang aktris menjadi pemeran utama dalam filmnya. Pihak yang menekannya adalah mafia Italia model Don Corleone yang klimis-klimis dan berperut buncit. Marah dengan intervensi itu, dia pun merusak mobil si mafia kemudian melarikan diri. Eh ternyata di rumahnya, istrinya ketahuan sedang selingkuh.

Rupanya antara Adam, Betty, dan Rita ini ada kaitannya. David Lynch membuat alur cerita Mulholand Drive yang lurus-lurus saja menjadi berputar balik dan membingungkan. Namun jika cermat, akan bisa menyimpulkan manakah yang realitas dan mana pula yang hanya sebatas ilusi-ilusi dari seorang aktris yang digerogoti cemburu buta. Maka silakan menonton ulang filmnya untuk tahu secara keseluruhan, termasuk mengapa kecelakaan itu terjadi dan siapa yang sebenarnya tokoh yang paling jahat.

Trailer Mulholland Drive:

Jogja, 27 April 2015

Leave a Response