Neerja (2016); Film Tentang Pramugari dan Kelompok Teroris Kejam

Neerja (2016); Film Tentang Pramugari dan Kelompok Teroris Kejam
Neerja (2016). Sumber gambar: IMDB

Neerja Bhanot adalah sosok pramugari yang mendapatkan penghargaan atas keberanian dan dedikasinya yang tidak tanggung-tanggung. Dia menjadi salah satu pramugari yang terjebak dalam sebuah pesawat yang dibajak sekelompok teroris Arab saat pesawat tengah transit di Karachi, Pakistan tahun 1986. Selama 15 jam pembajakan pesawat, Neerja (22) melawan rasa takutnya sendiri, berusaha tenang menghadapi beberapa pria yang tak bisa berbahasa Hindi.

Neerja sama sekali tidak merasakan adanya firasat kejadian buruk akan menimpa dirinya. Tapi sang ibu malah sebaliknya. Kali ini ada kecemasan terus mengusik pikirannya. Anak perempuan satu-satunya yang cantik dan berprofesi sebagai model. Namun firasat tinggallah firasat, Neerja tetap memutuskan berangkat untuk penerbangan Bombay, India menuju New York, Amerika Serikat dengan pesawat Pan Am.

Kelompok teroris Abu Nidal sengaja membajak pesawat itu agar bisa menuntut pihak kepolisian Pakistan membebaskan teman-teman mereka yang ditahan. Persiapan mereka dalam persenjataan bisa dibilang matang. Termasuk bom berbentuk ikat pinggang yang siap diledakkan kapan saja. Mereka merangsek ke dalam pesawat ketika pintu-pintu terbuka untuk menurunkan penumpang. Neerja sempat mengabarkan pada pilot hingga ketiga berhasil melarikan diri. Tinggallah para penumpang, pramugari, dan teroris di dalamnya. Pihak teroris meminta pihak bandara mengirimkan pilot untuk menerbangkan pesawat. Mereka mengancam akan membunuh penumpang jika tidak dituruti.

Drama penyanderaan begitu menegangkan. Pihak teroris tidak mau diajak bernegosiasi. Para penumpang dicekam ketakutan. Bagaimana tidak, moncong-moncong senjata bisa saja meletuskan peluru dan menewaskan mereka.

Pihak teroris yang kesal karena tidak juga dikirimkan pilot, memaksa para pramugari untuk mengumpulkan paspor penumpang. Mereka akan mencari korban dari warga negara Amerika. Diam-diam, Neerja mengatakan pada teman-temannya untuk menyembunyikan setiap paspor Amerika. Namun, si teroris dengan mudah mengalihkan sasaran mereka pada warga negara Inggris.

Siapa sebenarnya Neerja? Sembari menyaksikan keberaniannya berhadapan dengan para teroris, kita diajak untuk mundur ke masa lalu, masa sebelum dia menjadi seorang model hingga pramugari. Gadis itu menikah di usia yang sangat muda. Suaminya adalah lelaki yang sangat menuntutnya bisa melakukan semua pekerjaan rumah tangga termasuk memasuk. Dia memaksa sang istri untuk tetap berada di dalam rumah dan melarangnya menghubungi kedua orang tuanya. Pernikahannya jauh dari bahagia yang diidam-idamkan. Namun untunglah keadaan sulit itu sudah berlalu. Sekarang dia tinggal bersama kedua orang tua dan saudara-saudaranya. Pengalaman di masa lalu, di mana dia hanya diam terintimidasi, membuatnya menjadi seorang perempuan yang bertekad untuk lebih berani demi sebuah kebenaran.

Momen puncak dari penyanderaan itu terjadi ketika sistem elektrikal pesawat dimatikan sehingga pihak teroris panik dan menembaki penumpang. Penumpang pun kalang kabut. Neerja membuka pintu darurat sehingga ratusan penumpang bisa menyelamatkan diri. Pihak keamanan sudah masuk ke dalam pesawat. Banyak penumpang yang tewas dalam amukan teroris. Itu adalah puncak-puncak kesedihan di mana penumpang yang hidup merasa berat ketika harus meninggalkan jasad kerabat mereka. Tapi Neerja memaksa mereka untuk segera menyelamatkan diri.

Film ini tidak berdurasi panjang seperti film-film Bollywood lainnya. Namun kejengkelan saya benar-benar naik luar biasa melihat polah para teroris yang mudah memukuli penumpang, membentak-bentak, bahkan bertengkar dengan teman sendiri.

Neerja memenangkan Filmfare Awards 2017 kategori Best Supporting Actress, dan sejumlah nominasi Best Film, Best Director, Best Actress, Best Supporting Actor.

Trailer:

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response