Now You See Me 2 (2016); Film Tentang Pembalasan Dendam si Kambing Hitam

Now You See Me 2 (2016); Film Tentang Pembalasan Dendam si Kambing Hitam
Now You See Me 2 (2016). Sumber gambar: IMDB

Now You See Me 2 rilis tiga tahun setelah pertamanya. Jika tidak mengikuti film pertama, akan sangat bingung dengan keberadaan Thaddeus Bradley (Morgan Freeman-xXx) di dalam penjara, mengapa Dylan Rhodes (Mark Ruffalo-The Kids are All Right) seorang anggota FBI bisa berhubungan dengan kelompok pesulap tukang rampok orang-orang kaya. Dan jangan lupakan Daniel Atlas (Jesse Eisenberg-American Ultra, Louder than Bombs, Cafe Society), Merritt (Woody McKinney), Jack Wilder (Dave Franco), ditambah kedatangan Lula (Lizzy Caplan). Mereka di ending Now You See Me, berpencar dan meninggalkan Thaddeus untuk diringkas polisi.

Reunian mereka kembali tersebab tugas baru untuk menggagalkan penjualan sebuah hardware yang konon mampu meretas semua sistem keamanan komputer seluruh dunia. Bukan Anda saja yang menganggap itu berlebihan, saya pun juga. Sampai di sini, saya masih menganggap itu wajar. Hingga menit demi menit, film ini memancing dengan cepat rasa bosan saya. Dengan begitu banyaknya bintang besar yang berusaha melakukan tugasnya, Now You See Me 2 berkali-kali membuat saya menarik napas panjang dan melihat masih berapa lama durasinya.

Kalau melihat review saya untuk film pertama, bukan hal aneh ketika kegaringan itu terulang kembali. Ketimbang harus menonton ulang, lebih baik membuka tulisan yang lalu. Kalau Anda fans salah satu anak muda di film ini, boleh jadi melupakan begitu saja pentingnya kecepatan perpindahan cerita. Bukan dengan dipanjang-panjangkan. Seolah dengan mengulur-ngulur waktu dengan memamerkan special effect mengoper kartu dari satu orang ke orang lain di saat pemeriksaan maka menjadi sesuatu yang tidak terlupakan. Totally boring.

Kemudian jangan bilang adegan ketika seorang tokoh awalnya tidak bisa berbahasa Inggris kemudian tiba-tiba lancar begitu saja dan mengatakan dirinya bagian dari kelompok The Eye. Ini film komedi? Maksudnya untuk bercanda atau bukan?

Masuknya Thaddeus Bradley ke dalam penjara adalah unsur dendam Dylan. Ayahnya mati tenggelam saat pertunjukan di bawah air. Dan mengesalkannya lagi akan Anda temukan di akhir film, semua yang terbangun dengan baik akhirnya menjadi tidak ada apa-apanya. No more drama. Saya tidak sama sekali ingin membandingkan Now You See Me 2 dengan The Prestige yang dapat lima nominasi Oscar karena manipulasi antarpesulap demi sebuah kejayaan, tapi film ini membunuh mood saya setelah menontonnya.

 

Jogja, 30 Agustus 2016

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response