Olympus Has Fallen (2013); Film Dramatis Kehancuran Amerika Serikat

Olympus Has Fallen (2013); Film Dramatis Kehancuran Amerika Serikat
Olympus Has Fallen (2013. Sumber gambar: IMDB

Olympus Has Fallen adalah film yang menggambarkan dramatisnya saat Amerika Serikat dilemahkan dari segala kekuatannya selama ini.

White House atau Gedung Putih bagi rakyat AS bisa dikatakan sebagai simbol kejayaan. Bayangkan kalau simbol ini jatuh ke pihak teroris dari negara kecil yang selama ini “dipegang” sama AS. Negara itu adalah Korea (tiba-tiba semacam mengkhayal Suju hahaha). Bukan presiden yang disandera oleh piihak teroris yang dikhawatirkan, tapi juga senjata nuklir mengancam keselamatan seluruh warga Amerika, ya mungkin semacam yang terjadi di Hiroshima. Gue rasa yang paling ditakutkan adalah jika nuklir itu sampai benar-benar diluncurkan. Kalau soal presiden yang terbunuh, kan banyak gantinya.

Awal cerita Olympus Has Fallen dimulai dari sebuah tragedi kecelakaan yang menimpa rombongan mobil sang presiden saat meninggalkan Camp David menuju pusat pemerintahan Washington DC. Kecelakaan ini menyebabkan tewasnya ibu negara. Selain itu, salah satu pengawal presiden Mike Banning (Gerard Butler) dipindahtugaskan ke bagian lain karena membiarkan ibu negara yang terluka parah tidak tertolong.

Gue cukup senang karena Olympus Has Fallen menyajikan efek-efek yang luar biasa, sejak invasi ke gedung putih oleh sebuah pesawat jet tak dikenal. Pesawat ini juga meruntuhkan sebagian Obelisk (duh apa sih namanya tugu tinggi dekat White House itu?) bak adegan 9 September. Di film ini, White House memang dibuat rusak parah meski nggak seluruhnya rata dengan tanah. Rupanya Korea oke juga untuk armada militernya. Eits tapi jangan salah, karena teroris ini bukan suruhan pemerintah Korea. Presiden Korsel yang sedang menjadi tamu negara aja dibunuh kok sama komplotan yang dipimpin Kang ini.

Yang gue sesalkan adalah, kenapa hanya ada satu pahlawan dalam Olympus Has Fallen, yaitu si Banning. Dia bisa melewati sejumlah teroris dengan begitu mudah hingga akhir film. Sementara para penjaga Gedung Putih tampak begitu lemah dan mudah dilumpuhkan. Armada militernya pun semacam begitu lambat memberikan bantuan. Pentagon pun juga tidak bisa berbuat banyak. *ckckckck

Oke itu tadi minusnya, tidak seberapa buruk sebenarnya, hanya kurang masuk akal. Secara keseluruhan, Olympus Has Fallen oke banget dan bisa menutup malam minggu gue dengan sempurna.

Trailer Olympus Has Fallen:

My room, Yogyakarta, 24 Maret 2013, 08.37 WIB

Leave a Response