Omar (2013); Film Tentang Pemuda Palestina dan Cinta Terlarang

Omar (2013); Film Tentang Pemuda Palestina dan Cinta Terlarang
Omar (2013). Sumber gambar: IMDB

Omar, seorang pemuda Palestina dituding sebagai informan Israel, membuat kehidupannya menjadi kacau, gadis yang dicintainya menjauh, kedua sahabatnya bersikap hati-hati padanya. Ia memang bernasib sial, setelah persitiwa penembakan seorang tentara Israel, ia ditangkap kemudian diinterogasi agar memberi tahu siapa yang melakukan penembakan tersebut dan dibebaskan jika mau bekerja sama.

Tapi tidak mudah baginya, selain itu sama saja mengkhianati bangsanya, target Israel tidak lain adalah kakak sang kekasih. Israel begitu licik mempermainkan emosinya, terlebih mereka mengancam akan terjadi sesuatu pada Nadia, kekasihnya, jika ia tetap bungkam.

Ia kemudian setuju untuk kerja sama, tapi di satu sisi, berusaha untuk melindungi teman-temannya, dan juga melindungi Nadia. Hanya saja, ia mula didera kekecewaan saat tahu jika Amjad-sahabatnya-juga menyimpan rasa yang sama pada Nadia. Semakin terpuruklah ia ketika tahu, Nadia hamil dengan Amjad. Amjad sangat takut jika Tarek-kakak Nadia-sampai tahu hal itu. Tapi ia tidak bisa berbuat apa-apa selain mewakili Amjad untuk melamar Nadia.

Tapi, kemudian Omar tahu, banyak hal tidak benar yang berbaur dengan kebenaran, dan semuanya sudah terlambat. Nadia sudah sudah mungkin ia dapatkan kembali, sementara Tarek sudah mati di tangannya.
Konflik-konlflik dalam film ini terasa begitu dalam dan emosional.

Trailer Omar:

Yogyakarta, 5 Agustus 2014

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response