Oralit Pengganti Ion Tubuh yang Hilang Saat Bersepeda

Oralit Pengganti Ion Tubuh yang Hilang Saat Bersepeda
Sumber gambar: roadbikereview.com

 

Hilangnya cairan tubuh dan ion-ion di saat bersepeda bisa membuat tubuh kita lemas. Suhu udara yang tinggi, udara yang kering, dan kaki pegal diakibatkan mengayuh pedal dalam waktu lama, tidak perlu dijadikan sebagai momok menakutkan sehingga menghalangi untuk berolahraga kardio yang satu ini.

Cairan yang terkuras dari tubuh dan ion-ion dapat diasup tanpa susah payah. Cairan diganti dengan cairan. Ion bisa didapatkan dari cairan elektrolit. Di pasaran, menjamur minuman-minuman energi dan elektrolit. Jujur saja, sedari dulu hingga memiliki teman gagal ginjal, cukup waswas rasanya jika ingin mencicipi minuman-minuman kesehatan buatan pabrik seperti itu. Sebab ginjal bisa tersiksa dengan minuman yang kita sangka akan mengusir lelah dengan cepat.

Mengonsumsi minuman elektrolit yang beredar di pasaran memang tidak salah. Tapi, berapa batas toleransi yang diberikan tubuh? Jika belum merasa sakit, kita tidak pernah tahu apakah ginjal kita beres atau tidak.

Saya mulai memikirkan minuman elektrolit ini begitu mulai bersepeda 100K dalam sehari. Minum air putih rasanya tidak cukup. Saya pernah menyelingi dengan teh, tapi justru membuat saya semakin cepat haus. Rupanya gula dan teh adalah bersekongkol membuat dehidrasi.

Saya mencari beberapa artikel tentang minuman elektrolit alternatif. Ada yang mengatakan air kelapa. Ah, tapi ada yang pernah curhat dan mengatakan dirinya merasa lemas setelah meminum air kelapa. Saya bandingkan lagi antara satu artikel dengan artikel lainnya hingga merujuk pada oralit.

Selama ini kita berpikir bahwa oralit adalah obat untuk muntaber. Campuran gula dan garam di dalamnya mampu menahan keluarga cairan tubuh yang dapat menyebabkan dehidrasi. Oralit adalah minuman yang komposisinya sederhana, bisa dibuat sendiri. Takarannya pun sudah ada yang standar.

Saya sempat membagikan artikel yang membahas tentang manfaat oralit, beberapa teman membenarkan fungsinya sebagai pengganti minuman elektrolit, dan lagi sekarang sudah ada yang ditambahi dengan rasa jeruk. Hanya saja, saya belum mendapatkan dosis yang jelas mengenai konsumsi oralit untuk olahraga, dan berapa batas penggunaan yang aman bagi tubuh. Jika kelebihan apakah akibatnya. Setidaknya, sementara ini, saya bisa sedikit berlega hati aman dari ancaman dehidrasi saat bersepeda jarak jauh.

 

Jogja, 14 Juni 2016

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response