Pantai Srau; Pantai Perawan nan Cantik di Pacitan Jawa Timur

Pantai Srau, berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari Klayar. Pantai yang satu ini rasanya jangan sampai terlewatkan oleh Anda ketika berwisata ke Pacitan. Untuk sampai ke Pantai Srau, Anda hanya perlu berbalik arah dari Klayar lalu mencari pertigaan dengan papan petunjuk arah ke Srau. Pertigaan ini terbilang ekstrem karena belokan dari arah Klayar menuju Srau sangat tajam. Avanza yang gue tumpangi pun harus pelan-pelan menaiki tanjakan ini.

Perjalanan menuju Pantai Srau boleh dibilang mulus. Kalaupun ada bagian di mana aspal tidak terlalu mulus, itu bukan hal yang harus Anda keluhkan. Nikmati saja karena begitu melihat birunya laut dari kejauhan, pasti Anda akan semakin tidak sabar menginjakkan kaki di tepi pantainya.

Restribusi ke Pantai Srau adalah Rp3.000/orang plus Rp2.000/kendaraan. Sangat murah dibandingkan saat Anda memasuki daerah wisata pantai lainnya, bukan? Parkir kendaraan pun gratis.

Pantai Srau; Pantai Perawan nan Cantik di Pacitan Jawa Timur
Sumber gambar: TapakRantau

Pantai Srau adalah salah satu pantai yang masih terbilang perawan. Jumlah pengunjung yang datang ke tempat ini bisa dihitung dengan jari, atau sepuluh lebih sedikitlah jika di hari weekend. Sepinya pantai ini buat gue pribadi malah jadi nilai plus. Ya, gue bisa bebas memotret birunya laut tanpa takut ada orang yang terikut dipoto. Pantai serasa milik sendiri deh!

Ombak Pantai Srau tidak sedahsyat Klayar, tapi soal angin sepertinya tidak kalah kencang. Meski terbilang berombak besar, tapi gue tidak melihat adanya larangan untuk mandi di pantai. Ini juga yang gue herankan ketika berada di Klayar. Seolah-olah orang sudah tahu dengan sendirinya kalau berani terlalu jauh ke laut akan berbahaya. Gue sendiri berhubung mengenakan sepatu, agak malas terkena air laut. Yup mengabadikan keindahan seluruh bagian pantai menurut gue udah lebih dari cukup.

Pesisir Pantai Srau cukup bersih meski seharusnya ada upaya untuk menjaga kebersihan pantai dengan penyediaan tong sampah di beberapa titik. Bagi Anda yang suka kemping, di sini pun bisa Anda lakukan. Itu tentunya akan menjadi sebuah pengalaman yang tidak terlupakan bagi Anda.

Nisrina Lubis

Nisrina Lubis

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response