Pemerkosaan di Kampus; Tema Video Terbaru Lady Gaga

Pemerkosaan di Kampus; Tema Video Terbaru Lady Gaga-Video Till It Happens to You terbaru Lady Gaga kali ini diperuntukkan bagi kampanye anti pelecehan seksual yang terjadi di lingkungan kampus. Perlu diketahui juga, dari sebuah wawancara radio, Gaga mengakui dirinya juga merupakan salah satu korban pemerkosaan di usianya yang baru menginjak 19 tahun.

Berdurasi 5.25 menit, secara gamblang mengajak kita semua untuk peduli bahwa tindakan pemerkosaan di lingkungan kampus bukan sesuatu yang tidak perlu mendapatkan perhatian serius. Bisa menimpa siapa pun, di waktu-waktu yang tak terduga.

Ada 3 tokoh yang merepresentasikan korban-korban pemerkosaan di lingkungan kampus. Mahasiswa yang menyendiri dan menyibukkan dirinya, menganggap bahwa semua orang adalah baik, sehingga tidak menyadari bahwa pemerkosa adalah orang-orang yang berada di dekat kita.

Seorang mahasiswi transgender pun juga tidak luput menjadi sasaran pemerkosaan yang berlangsung singkat tapi akan menyisakan dampak panjang di kemudian hari.

Tokoh ketiga adalah mahasiswa yang datang ke pesta dan mau saja diajak minum oleh seorang pria yang baru saja dikenal kemudian minumannya dicampurkan obat tidur hingga aksi pemerkosaan itu terjadi dengan mudah.

Rasa depresi, tidak berharga, frustrasi dan energi negatif menghampiri korban-korban yang memilih untuk menutup mulut-juga ketakutan-atas peristiwa itu. Jika tidak ditangani, akan mengarah kepada keinginan untuk bunuh diri dan sebagainya. Kampanye-kampanye seperti ini begitu penting, karena seperti isi lirik lagu yang ditulis dan diproduseri Lady Gaga sendiri:

Till It happens to you, you don’t know how it feels, how it feels
Until it happens to you, you won’t know, it won’t be real
No it won’t real
I know how it feels

Pemerkosaan di Kampus-Till It Happens to You

Kita bisa saja menganggap kejadian ini bukan sesuatu yang patut mendapatkan penyelesaian hingga kita sendiri yang mengalaminya. Jangan sampai.

 

Video ini dirilis pada 17 September 2015 dan telah ditonton sampai 10 juta kali. Lagu Till It Happens to You juga menjadi soundtrack untuk film dokumenter The Hunting Ground.

Ini dia video bertemekan Pemerkosaan di Kampus, Till It Happens to You-Lady Gaga

Jogja, 24 September 2015

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response