Ketatnya Persaingan Saat Pendaftaran Jogja Marathon 2018 (Updated)

in Olahraga by
Ketatnya Persaingan Saat Pendaftaran Jogja Marathon 2018
Pendaftaran Jogja Marathon 2018. Sumber gambar: mandirijogjamarathon.com

Rangkaian marathon kembali mengundang antusiasme mereka-mereka yang rela berlari dengan membayar mahal. Sebenarnya Jogja Marathon dengan start dan finish di Candi Prambanan adalah race paling awal tahun kemudian disusul provinsi lainnya, seperti Jakarta, Bali, Jawa Tengah (Borobudur Marathon), dan Nusa Tenggara Barat (Lombok Marathon). Hanya saja, tahun ini Lombok Marathon pelaksanaannya dimundurkan sampai 28 Januari.

Saya memang tidak memasang target ikut semua rangkaian itu. Pertama, jarak, kedua, uang. Tubuh sih siap-siap aja. Kode nyari sponsor banget ya. Tapi Jogja Marathon jelas tidak bisa dilewatkan begitu saja. Hanya ini dan Borobudur yang masih memungkinkan untuk dompet tipis saya.

Nah, pendaftaran Jogja Marathon 2018 sudah dimulai sejak tanggal 26 Januari beberapa hari lalu sementara event-nya tanggal 15 April 2018. Langsung sold out. Maklum diskonnya sampai setengah harga. Harga aslinya full marathon 500.000, half maraton 350.000, 10K 200.000, 5K 150.000.

Lari marathon yang disponsori utama oleh Bank Mandiri ini lagi-lagi buka peluang bisa beli tiket diskonan, meski cuma 30%. Diskon ini membuat saya yang tidak niat half marathon, jadi daftar kategori itu. Jangan bilang siapa-siapa ya. Saya cukup percaya diri sih, setengah percaya diri sisanya baru bisa saya miliki kalau sudah latihan beneran dan intens. Di buku agenda, sudah saya atur jadwal latihan lari dan strengthening. Lari yang harian sampai lari dengan jarak 21K. Itu harus saya tepati kalau tidak mau pulang dengan tangan kosong karena kena COT.

Tanggal 29 Januari adalah pembukaan pendaftaran dengan diskon 30% tadi. Dibuka mulai pukul 15.00 WIB. Saya bahkan bikin reminder di HP. Saya harus langsung pesan tepat jam itu. Nggak boleh kehabisan. Slot yang disediakan tentu saja tidak berlimpah. Saya paham itu. Rugi bandar dong. Karena disponsori Bank Mandiri, maka diskonnya hanya untuk pemegang kartu debit dan kredit Mandiri, juga E-cash dan Clikpay. Di situs resminya (http://mandirijogjamarathon.com) tertulis juga bisa dengan Fiesta Poin, tapi sayangnya pilihan itu tidak muncul ketika masuk laman pendaftaran, padahal poin saya lebih dari cukup.

Lagi-lagi karena masa diskon, maka berbondong-bondonglah yang mengakses situs itu. Dan entah tidak diantisipasi oleh penyelenggara atau bagaimana, ketika tepat jam 3 sore, saat mau daftar, koneksinya lambat bukan main. Bahkan sampai down. Saya kemudian berhasil mendaftarkan diri, sementara teman saya, Yusti, nyoba berulang kali dan status pemesanan sudah berubah waiting list, bahkan hingga saya menulis postingan ini, 6 jam setelahnya.

Ketatnya Persaingan Saat Pendaftaran Jogja Marathon 2018

Beda sekali ketika saya mendaftar Borobudur Marathon, segalanya sangat lancar. Memang itu sudah harga reguler sehingga sistem tidak mengalami masalah. Pembayaran pun sangat mudah. Sementara, untuk Jogja Marathon, mau membayar saya caranya sangat membingungkan karena diarahkan ke DOKU dan harus mengisi nomor kartu kredit, email saya yang minta dibantu pun belum direspons. Hey kenapa begini banget sih? Saya diberi waktu 24 jam untuk membayar tapi sistem pembayarannya menyulitkan. Saya rasa bukan hanya saya yang kebingungan. Tolong dong pihak penyelenggara membereskan kesulitan ini biar malam ini saya bisa tidur nyenyak. Dan kalau tiket sudah sold out, segera konfirmasi saja, mau disuruh menunggu sampai kapan?

Ketatnya Persaingan Saat Pendaftaran Jogja Marathon 2018

UPDATE!

Akhirnya saya bisa menyelesaikan proses pembayaran. Saya memberanikan diri mengisi kolom NOMOR KARTU KREDIT dan info yang diminta sesuai dengan apa yang tertera pada KARTU DEBIT MANDIRI saya. Dan ternyata bisa! Begitu semuanya sudah dilengkapi, silakan lanjutkan ke tahap berikutnya, akan ada otorisasi ke nomor HP dan masukkan kode yang diminta dan klik OK. Selesai. Uang akan langsung dipotong dari rekening kita sebagai pembayaran keikutsertaan di Mandiri Jogja Marathon 2018. Sampai ketemu di Candi Prambanan ya!

Jogja, 29 Januari 2018/30 Januari 2018

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*