Playon Jogja Mengajakmu Berlari Tiap Kamis Malam

Menikmati Lari Malam Hari Dengan Playon Jogja Tiap Kamis
Playon Jogja.

Nama Playon Jogja saya sudah dengar sejak lama. Itu adalah salah satu komunitas lari yang ada di kota ini. Salah satu teman bersepeda saya juga anggota komunitas tersebut. Dia pernah mengajak saya gabung entah mungkin setahunan lalu, tapi saya tidak pernah datang karena apa yang ada di pikiran saya, komunitas lari itu berbeda dengan komunitas sepeda yang itu bisa datang dari kalangan yang mahir bersepeda hingga yang biasa-biasa saja. Kesannya orang-orang yang ada di sana pastilah pelari kelas profesional yang menempuh jarak 5 kilometer cukup dengan 20-an menit.

Membayangkan adanya perbedaan seperti itu, maka saya memilih mundur. Padahal maju juga belum. Lalu setelah berlatih intens belakangan ini, muncul lagi rasa penasaran saya. Kira-kira saya bisa nggak menjadi bagian dari Playon Jogja. Maka saya pun mengintip akun Instagram mereka dan mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya dari komunitas yang sudah dibentuk sejak beberapa tahun lalu dan merupakan cabang regional dari Indorunners.

Untuk membuat orang Jogja bisa berlari nyaman, memang tidak bisa asal pukul rata, soal kecepatan. Maka setiap kali jadwal latihan, selalu dibagi menjadi 3 kelompok. Selalu begitu. Misalnya, semalam kelompok 1 menempuh jarak 8,99K untuk yang pace 5:40-6. Durasi larinya diperkirakan 50-54 menit. Oh ya pace itu adalah waktu yang diperlukan untuk tiap kilometernya, bukan berapa kecepatan kita saat berlari. Memang sedikit berbeda jika memakai aplikasi Strava, kecepatan lari kita tidak tertera pada hasil akhir. Lagi pula, dalam 1 kilometer, bisa saja kita mempercepat maupun memperlambat lari, maka yang diambil adalah rata-rata menit per kilometer.

Kelompok 1

Untuk kelompok 2 atau yang masih belum secepat kelompok 1, menempuh jarak 7,15K dengan pace 6:40-7.00, dengan estimasi durasi 47-50 menit.

Kelompok 2

Nah, di kelompok 3 isinya adalah mereka yang baru gabung maupun baru belajar lari. Jarak larinya hanya 4,2K dengan pace 7:40-8:00, berdurasi 32-35 menit. Kelompok ini tidak sepenuhnya lari, tapi juga diselingi jalan santai. Saya jelas ambil kelompok 3 meskipun selingan dengan jalan cukup membuat saya menimbang-nimbang lagi. Untuk pertama kali, biarlah. Kelompok 3 berlari 10 menit setelah kelompok 1 start, dan pertama kalinya finish. Catatan waktu saya adalah 34:52 menit, dan pace 8:12.

Kelompok 3

Dalam tiap kelompok ada captain yang memimpin di depan, marshall yang mengatur barisan mengingat kami melewati jalan ramai kendaraan juga membantu penyeberangan, dan di belakang ada sweeper yang ditugaskan mengawal yang paling belakang Saya tidak tahu apakah di kelompok lainnya ada sweeper.

Kami membuat dua baris dan berlari si sisi kanan jalan demi keamanan. Kami beberapa kali diminta jalan ketika ada belokan atau menyeberang jalan, dan ini bisa dimanfaatkan untuk mengumpulkan tenaga bagi yang sudah mulai lelah.

Jangan berpikir akan ada yang namanya istirahat minum. Lagi pula manusia tidak akan mati kalau tidak minum selama lari 30 menitan kok. Saya pernah lari 5K sore hari saat puasa. Tidak ada masalah. Apalagi yang seharian saya bisa makan dan minum. Jangan pula berpikir si captain berinisiatif mengajak kami berhenti untuk foto-foto. Kalau mau bikin foto atau video, ya sambil jalan. Tapi sebaiknya tangan terbebas dari gawai agar ayunan tangannya bisa maksimal. Dalam lari, semua anggota tubuh harus sinkron agar tidak membebani kaki.

Oh ya, Playon Jogja punya jadwal night run tiap Kamis pukul 18.30. Mulai berlari pukul 19.00. Jangan datang mepet karena harus pemanasan dan briefing. Jangan ragu untuk gabung juga karena komunitas ini sangat terbuka untuk orang-orang baru. Dan setelah finish jangan langsung pulang karena ada pendinginan bersama, setelah kelompok 1 dan 2 kembali.

 

Jogja, 3 November 2017

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response