Pride (2014); Film Tentang Perjuangan Kelas Bawah untuk Buruh dan LGBT

Pride (2014); Film Tentang Perjuangan Kelas Bawah untuk Buruh dan LGBTPride (2014). Sumber gambar: IMDBPride mengambil setting tahun 1984, mengangkat gerakan pembela para pekerja tambang oleh sebuah komunitas nirlaba gay dan lesbian di pusat kota London yang menamakan dirinya Lesbian & Gay Support Miners (LGSM) di bawah pimpinan pemuda penuh semangat bernama Mark Ashton. Pada awalnya, gerakan ini hanya berskala kecil, mengumpulkan sumbangan di jalan menggunakan ember maupun di saat ada gay pride yang pada masa itu belum mendapatkan pengakuan dari pemerintah maupun masyarakat. Selain Mark, di organisasi itu ada pula Joe, seorang pemuda 20 tahun yang baru saja coming out pada kedua orang tuanya, lalu pasangan Gethin dan Jeff, seorang lesbian bernama Steph, dan beberapa pemuda lainnya. Mereka kemudian menjadi kerja sama dengan sebuah serikat buruh di Wales. Kerja sama antara kedua belah pihak perlahan-lahan terjalin hingga merambah dengan para pekerja tambang.

Tapi di antara anggota serikat tersebut ada pihak yang tidak menyukai keberadaan kaum gay dan lesbian hingga membuat usaha memperjuangkan hak para pekerja tambang tidak berjalan dengan mulus.

Di masa itu, Margaret Tatcher dibenci oleh kalangan pekerja pabrik maupun kalangan LGBT karena kebijakannya yang tidak memihak pada mereka. Dan di masa itu pula, penyakit AIDS menyangkiti kaum gay, termasuk Mark dan Jeff sehingga masyarakat tidak usai memandang mereka dengan sebelah mata.

Pride masuk nominasi Best Motion Picture-Comedy or Musical di Golden Globe 2015 dan menang di ajang Cannes Film Festival di tahun 2014.

Mark Ashton meninggal tahun 1987 pada usia 27 tahun tidak lama setelah didiagnosis terjangkit HIV/AIDS. Keanggotaannya sebagai anggota Young Communist League tidak sama sekali dibahas dalam film ini dengan mempertimbangkan reaksi audiens Amerika.

Trailer Pride:

Jogja, 26 Januari 2015

Leave a Response