Prison Break Resurrection (2017-): Serial TV Pelarian Scofield dari Yaman

Prison Break Resurrection (2017-) Serial TV Pelarian Scofield dari Yaman
Prison Break Resurrection (2017-). Sumber gambar: IMDB

Delapan tahun lalu setelah season finale, Michael Scofield (Wentworth Miller) dan Lincoln Burrows (Dominic Purcell) muncul dengan Prison Break Resurrection. Masih berkaitan dengan rencana melarikan diri dari tahanan, dimulai dari penampakan samar-samar Scofield dengan latar terali besi. Setelah ditelusuri, itu adalah Ogygia di Yaman. Lokasi syuting dilakukan di Maroko yang kurang lebih menyerupai geografis Yaman yang panas kering dan dikelilingi gurun pasir. Kawan-kawan lama Scofield dan Burrows dengan senang hati menawarkan bantuan untuk membebaskan Scofield yang memalsukan kematiannya sendiri.

Sesampainya di Yaman, kondisi negara itu sedang kritis. Pengepungan oleh gerombolan pemberontak Islam radikal ISIL membuat gerak Burrows sangat terbatas. Sementara, di dalam tahanan Scofield pun mengajak teman-teman satu selnya untuk melarikan diri.

Siapa saja yang membantu di sisi Burrows? Ada Benjamin Miles ‘C-Note’ Franklin, dia seorang aktivis yang menyibukkan dirinya dalam Islamic Center. Dia dipilih Burrows ketimbang Sucre karena keterkaitannya dengan bahasa Arab dan Islam. Sucre akhirnya mengalah. Ada pula Sheba, perempuan Yaman, yang tiba-tiba ogah menolong Burrows membebaskan Scofield yang di sana dikenal dengan nama Kaniel Outis.

Di pihak Scofield ada Whip yang sejak awal mengikuti Scofield menjalankan misi mereka. Ada Sid, pemuda yang masuk tahanan karena homoseksual dan terancam paling awal dibunuh oleh ISIL jika berhasil menguasai Sana’a. Ada Ja, lelaki Korea yang doyan teler sambil menonton Queen dari smartphone-nya.

Rencana kabur, menarik minat banyak tahanan lain. Padahal Scofield sama sekali tidak ada kepentingan dengan mereka. Ia hanya akan mengajak teman-teman satu selnya. Apa mau dikata, bos besar ISIL ada di sana dan dialah kunci agar ISIL tidak menghabisi mereka.

Apa kabar dengan Sara? Dia telah menikah dengan Jacob. Mike Scofield tidak tahu apa-apa tentang sosok ayah kandungnya. Ketika Scofield dan Burrows mati-matian mencari jalan keluar dari tahanan, Sara menghadapi ancaman dari Poseidon. Dimulai dari dua suruhan Poseidon yang masuk ke rumah mereka dan menembak Jacob.

Sara dibantu oleh T-Bag. Masih ingat dengan pria yang tangannya putus? Dia meski masih terlihat menyebalkan, tapi punya niat baik setelah tahu bahwa tangan palsunya yang sangat mahal bukan semata-tama sumbangan dermawan tak dikenal.

Scofield terjebak dalam sebuah peran yang tidak diinginkannya. Citranya dibuat menjadi buruk sehingga cap teroris pun menempel kepadanya. Dan seperti di season awal Prison Break terdahulu, Scofield kembali memenuhi tangannya dengan tato yang tidak lain adalah petunjuk untuk melarikan diri. Di episode menjelang finale Prison Break Resurrection barulah semuanya terjelaskan.

Rating Prison Break Resurrection terbilang tinggi, namun ada bagian-bagian yang berjalan lambat hingga membuat saya agak jenuh. Atau mungkin karena saya sedikit membandingkan dengan Wentworth yang meskipun berbeda tipe dalam banyak hal. Setiap tokoh membawa ceritanya masing-masing, juga kisah percintaannya lebih kuat, lebih emosional. Scofield adalah tokoh yang selalu punya ide cemerlang sehingga sesulit apa pun pasti bisa dicari jalan keluar. Tokoh-tokoh Wentworth karena tidak disetting untuk melarikan diri, ya terasa lebih menggemaskan dalam menjalani  kehidupan di tahanan elite tersebut. Tokoh-tokoh villain Wentworth juga sangat kuat bahkan berpengaruh. Sipir-sipirnya punya kehidupan yang kadang membuat kita tidak sabaran untuk menunggu kelanjutan di episode berikutnya.

 

Jogja, 3 Juni 2017

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response