Prisoners (2013); Film Hilangnya Anak dan Kecurigaan-Kecurigaan

Prisoners (2013); Film Hilangnya Anak dan Kecurigaan-Kecurigaan
Prisoners (2013). Sumber gambar: IMDB

Prisoners penggarapannya keren, wajar jika mendapatkan nomine Oscar dalam sinematografi dan memenangkan 7 kategori di beberapa penghargaan lain. Film ini bagus bukan semata-mata kontribusi Jake Gyllenhaal (Demolition, Brokeback Mountain, Nightcrawler) dan Hugh Jackman (The Prestige, Les Miserables, Logan), tapi secara plot dan pengelolaan konfliknya Prisoners dibuat secara matang di bawah penyutradaraan Denis Villeneuve (Sicario) plus disokong sejumlah produser eksekutif, salah satunya Mark Wahlberg.

Di hari Thanksgiving, keluarga Dover dan Birch ditimpa musibah yang sama, putri mereka, Anna dan Joy hilang secara misterius. Sebelumnya, terlihat sebuah  mobil RV di kompleks perumahan mereka dan mencurigakan. Besar kemungkinan, Annda dan Joy diculik oleh si pemilik mobil, bernama Alex Jones. Detektif Loki ditugaskan untuk menyelidiki kasus ini, dimulai dengan menangkap Alex. Selama proses interogasi, tidak banyak informasi yang didapatkan, karena Alex ini seakan-akan bertingkah laku seperti anak kecil.

Keller Dover, ayah Anna, masih menyimpan kecurigaan bahwa putrinya diculik oleh Alex, dan ia mendengar sendiri kalau Alex sempat berinteraksi dengan keduanya.  Kesal dengan polisi yang malah membebaskan Alex yang tahu sesuatu, ia pun mengambil tindakan sendiri, menculik Alex, menyiksanya, mengurungnya dalam ruangan gelap, agar mengaku keberadaan putrinya dan Joy. Ia mengajak serta Franklin Birch, ayah Joy, mendukung tindakannya.

Sudah disiksa seperti apa pun juga, tidak kunjung Alex mengakui. Malahan, muncul tokoh mencurigakan lain, Bob Taylor. Loki berusaha mengejarnya, tapi gagal. Dugaan pun mengarah padanya, bahwa sebenarnya Bob punya andil dalam penculikan anak-anak. Terlebih lagi, dia membeli pakaian anak-anak sementara tidak memiliki anak. Loki pun menggerebek rumahnya, menemukan sejumlah pakaian anak dan beberapa ekor ular di dalam kotak yang digembok. Bob lalu ditangkap, tidak langsung diinterogasi. Ia malah membuat semacam gambar labirin selama berjam-jam. Kesal dengan kelakuan Bob, Loki menghajarnya dan berusaha dihentikan polisi. Bob lalu bunuh diri sehingga misteri kembali tak terjawab.

 Trailer Prisoners (2013):

Yogyakarta, 4 Agustus 2014

Nisrina Lubis

Nisrina Lubis

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com