Redirect Postingan: Cara Mudah Memindahkan Trafik ke Blog Baru

Redirect Postingan: Cara Mudah Memindahkan Trafik ke Blog Baru
Redirect Postingan. Sumber gambar: pixabay.com

Ini bulan kedua saya mengelola blog dengan hosting dari Hawkhost. Migrasi adalah sebuah langkah penting yang menguras tenaga, terlebih buat saya yang baru pertama kali melakukannya. Sebenarnya, bisa saja saya meminta bantuan dari provider, tapi teman saya, si Agus, sepertinya ingin agar saya itu bisa sendiri. Dia membantu saya langkah demi langkah hanya via facebook messenger dari awal sampai semua isi dari blog lama pindah ke tempat baru yang insya Allah lebih nyaman, lebih luas, yah walaupun begitu dolar naik, harus siap juga dengan konsekuensi nilai tukar ikut naik.

Saya pikir, begitu TapakRantau.com sudah beres, selesai urusan, segalanya akan berjalan secara alamiah. Trafik blog saya di TapakRantau.web.id sudah menguat ketika saya putuskan pindah. Sehari viewer-nya sudah 500. Buat saya itu baik. Yang terpenting stabil. Namanya juga isinya suka-suka saya.

Bersikap pasif saja pada blog baru yang belum dikenal memang langkah yang sangat naif. Sebulan lewat, kadang sehari nggak ada trafik sama sekali, sementara di blog lama, trafiknya masih sekuat sebelumnya. Saya sudah redirect halaman utama, tapi itu tidaklah memadai. Saya mengamati pergerakan Histats. Kenapa orang terus datang ke blog lama meskipun saya sudah beri keterangan bahwa artikel terbaru ada di alamat yang baru? Saya haru mengambil langkah agar blog baru saya menyedihkan seperti itu.

Saya lalu mencoba cari tips untuk redirect artikel. Saya tahu, di blog ada sekitar 700 postingan, mustahil saya redirect postingan yang sama dari blog lama ke blog baru. Lalu kapan saya nulis artikel baru kalau begitu? Akhirnya saya berpikir, oke, mari lakukan satu demi satu. Langkah pertama adalah mengamati pergerakan trafik di blog lama. Dalam sebulan, mana yang trafiknya paling tinggi. Saya batasi 10 artikel saja untuk diprioritaskan. Sisanya, sambil jalanlah. Kemudian, saya pasang fasilitas plugin Redirection buatan John Godley.

Cara pemakaiannya mudah. Masuk Setting >> Redirect >> Add new redirection. Isi alamat postingan yang ingin di-redirect pada kolom Source URL. Lalu masukkan alamat postingan blog baru di kolom Target URL. Kalau redirect ke blog yang sama juga bisa. Nah, settingan lainnya udah nggak perlu diubah. Udah standar itu. Klik Add Redirection. Voila! Udah selesai. Sebelum menambah redirect postingan selanjutnya, tes dulu aja, apakah sudah berfungsi sesuai keinginan atau belum.

Dan hasilnya, proses “memindahkan trafik” pun mulai berjalan dengan pasti. Artikel-artikel laris pun yang ditampilkan google sudah mengarah pada blog baru. Meski demikian, saya masih punya tugas memantau dan memindahkan mana-mana lagi artikel yang perlu saya cicil. Kalau hanya di bawah sepuluh view, belum saya anggap penting, kecuali setiap hari ada peningkatan. Dan kita pun bisa memantau jumlah view tiap artikel tersebut dengan leluasa.

Jadi, tidak ada yang sulit untuk redirect postingan, dan sangat-sangat cepat. Selamat mencoba!

 

Jogja, 28 Juni 2017

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response