Bermain Game Sambung Kata Perkaya Kosakata

Halaman Menu Sambung Kata
Halaman Menu Sambung Kata

Ada satu game di Windows Phone sedang senang-senangnya saya mainkan siang malam. Namanya game Sambung Kata. Selain di WP sebelumnya sudah ada di OS Android. Sebagaimana namanya, permainannya memang cuma seputaran penguasaan kosakata kita plus bisa juga menambah banyak kosakata baru.

Bahkan bisa kaget juga kalau kata tersebut ada di KBBI kita semisal kata ngakngikngok, habuk, fasia, alkah, rais, angkus, paritas, pukah. Tambahan kosakata baru ini bisa jadi modal buat melawan BungKata dan lama-kelamaan menemukan kata apa saja yang bisa membuat lawan imajiner ini mati langkah. Setidaknya kata rikuh dan dangau jadi senjata andalan. Jadi tahu juga kalau kata yang diawali suku kata “nga” “kuh” “ngen” sedikit bahkan tidak ada.

Permainan pintar ini adalah hasil garapan Gathot Fajar, RIfauddin Tsalitsy, Eko Nugraha, Langit Lintang S, dan Budi Wicaksono.

Cara bermainnya cukup dengan menyambung suku kata terakhir dalam waktu 10 detik.

Jika melawan BungKata, jika gagal melakukan hal itu, maka silakan melihat wajah menyebalkan Bung Kata yang tertawa jemawa. Sebagai gantinya, kalau saya bikin BungKata mati kata, sayalah yang ngakak congkak. Buat saya pribadi, ini adalah yang paling menantang, sebab jika bermain sendiri hanya akan kata yang itu-itu saja yang keluar.

Tersedia pula Rekap Kata, untuk melihat kata apa saja yang tadi keluar plus definisinya. Game ini membuat kita jadi lebih tertarik untuk memperkaya kosakata, asal jangan keterusan main aja ya.

Permainan ini masih terbatas offline sehingga tidak bisa tahu rekor terbaru yang ada, mudah-mudahan aplikasi ini terus dikembangkan dan pemakainya juga semakin banyak.

 

Jogja, 17 Agustus 2015

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response