SAMSAT Kota Jogja; Cuma 10 Menit Perpanjang STNK

SAMSAT Kota Jogja; Cuma 10 Menit Perpanjang STNK
SAMSAT Kota Jogja; Cuma 10 Menit Perpanjang STNK

 

Masa berlaku STNK saya sebenarnya masih berlaku sampai beberapa hari ke depan, tapi “takut lupa menyisihkan uang” membuat saya memprioritaskan perpanjangan di saat ada waktu luang. Sebenarnya sekarang sudah banyak outlet SAMSAT di Jogja, tapi motor saya terkendala dengan adanya perbedaan alamat STNK (kota) dan KTP (Bantul). Katanya harus minta tanda tangan siapalah itu atau STNK disamakan dengan KTP. Itulah sebabnya, setahun sekali saya harus ke SAMSAT.

Setiap kali memperpanjang STNK, paling tidak butuh 1,-5-2 jam, anggaplah 30 menit perjalanan dari kosan daerah Wonocatur ke SAMSAT nan jauh di sana. Membawa seabrek berkas-berkas, melewati para calo di tempat parkir yang menawarkan jasa perpanjangan, ambil nomor antrean, menunggu antrean, minta tanda tangan si bapak itu, bayar, nunggu, baru jadi. Bikin ngantuk dan buang waktu banget.

Di kantor ada sih yang biasanya jasa perpanjang STNK gitu, secara kendaraan kantor ada banyak. Bisa aja nitip, tapi itu berarti ada extra charge dan biasanya tidak jadi dalam sehari. Kebayang dong kalo masa berlaku udah mepet banget eh perkara perpanjangan masih terkatung-katung. Percayalah, berkendara tanpa surat-surat itu bawaannya nggak tenang. Lihat polisi, panas dingin.

Tahun ini, SAMSAT Kota Jogja semakin mempersempit gerak-gerik calo perpanjangan. Silakan bawa KTP asli, STNK asli, BPKB asli ke loket khusus. Langsung ke sana aja, kalau ragu tanya petugas di pintu masuk deh. Ambil nomor antrean, nunggu paling sepuluh menit—jangan ditinggal, nomor dipanggil dan serahin 3 item tadi, duduk aja di kursi tunggu barisan depan karena bagian kasirnya nggak pake mikrofon saat manggil, ketika dipanggil lalu bayar dan STNK baru sudah selesai. It’s magic! Supercepat dan menghemat waktu. Kalau memang sempat, ya uruslah perpanjangan surat-surat itu sendiri. Sekalian nambah pengalaman juga kan.

 

Jogja, 10 Agustus 2015

Nisrina Lubis

Nisrina Lubis

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response