Sebuah Cinta yang Menangis (DIVA, 2012): Novel Tentang Perempuan yang Bersedih

Sebuah Cinta yang Menangis (DIVA, 2012) Novel Tentang Perempuan yang Bersedih
Sebuah Cinta yang Menangis (DIVA, 2012). Sumber gambar: divapress-online

Sebuah Cinta yang Menangis, atau singkatnya SCyM, terbit perdana tuh sekitar 6 tahun lalu di bawah label Pinus. Gue sempat baca review buat novel ini kalau nggak salah di Kompas atau harian apalah itu, di tahun yang sama. Tapi gue nggak berniat baca. Ya, karena faktor B, berat. Setelah membaca Ashmora Paria yang cukup tebal dan bahasa kelas tinggi, gue-sebutlah kapok-baca karya-karyanya Herlinatiens.

Tapi, toh gue akhirnya membacanya juga di tahun 2012 ini karena tuntutan pekerjaan. Ternyata isinya cukup beda dari Garis Tepi, dengan lebih sedikit puisi dan bahasa-bahasa asing. Sebuah Cinta yang Menangis terkesan lebih ringan, lebih real, lebih mudah dimengerti.

Tapi ada satu hal, gue sering dibuat bingung karakter dalam novelnya Herlina (sama juga dengan Koella) yang lebih terkesan blur. Gimana ya bahasanya. Gue merasa, karakter-karakter nggak sekuat karakter dalam Garis Tepi. Blur dalam gender. Sebut aja seperti itu. Makanya, gue sering dalam hati mempertanyakan gender tokohnya, cewek apa cowok? Cowok tulen apa cewek yang kecowok-cowokan? Dan toh akhirnya gue menyerah untuk mencari tahu jawabannya. Karena agak lucu aja kalau sampai mempertanyakan hal seperti itu ke penulisnya.

So, buat yang udah pernah baca SCyM versi lama tapi udah lupa ceritanya dan bukunya udah hilang entah ke mana atau yang belum pernah baca sama sekali bahkan sama penulisnya pun nggak tahu, versi barunya bakal nangkring juga kok di toko buku dan siap diburu. Harganya Rp38.000 atau silakan lihat di divapress-online.com.

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response