Skyfall (2012); Misi James Bond Menyelamatkan Agen Rahasia

Skyfall (2012); Misi James Bond Menyelamatkan Agen Rahasia
Skyfall (2012). Sumber gambar: IMDB

Skyfall yang gue kira bermakna langit runtuh, ternyata rumah keluarga si James Bond (Daniel Craig-Spectre, The Girl with Dragon Tattoo, Munich). Adegan klimaks film ini terjadi di sana.

Skyfall adalah film pertama James Bond yang gue tonton di bioskop dan yang pertama gue tonton dari awal hingga akhir (oke, mana standing ovationnnyaaaa!!). Beruntung memang ini bukan film yang sifatnya bersambung. Jadi dari awal gue bisa dengan mudah ikuti dan asyik ternyata. Meskipun menurut gue masih lebih asyik film-film spionase ala Hollywood yang punya efek jauh lebih fantastik.

Di Skyfall ini menurut gue nggak begitu banyak adegan yang—apa ya—seru banget. Tapi beberapa adegan action memang bikin gue berdecak kagum, seperti misalnya adegan Bond mengejar musuhnya naik motor di atas atap rumah di Istanbul. Itu gila dan gue pengen tahu itu beneran apa enggak. Juga adegan fight di atas kereta di mana beberapa kali kereta itu melewati terowongan.

James Bond yang ada di kepala gue adalah film tentang agen rahasia yang sering—maaf, selalu—menghadirkan adegan seks yang berdurasi panjang. Itu jadi sebuah keniscayaan. Dari gue SMP udah terngiang-ngiang di telinga gue. Sayangnya gue waktu itu masih terlalu lugu (halah). Gue rasa itu patut dibuktikan setelah gue merasa cukup dewasa. Dan, ternyata gue ketiban sial karena Daniel Craig tidak semaniak seks Pierce Brosnan. Adegannya cuma segitu doang dan cewek-ceweknya nggak sampai sebohay cewek-ceweknya Brosnan. Sungguh terlalu. Di Skyfall, Craig beradegan intim hanya dua kali dan itu pun tidak disorot jelas. Pertama sama seorang cewek Turki dan satunya cewek di Shanghai.

Cerita Skyfall kali ini adalah tentang dicurinya sebuah data yang berisi agen-agen rahasia yang menyamar. Satu per satu agen dihabisi oleh seseorang yang berhasil menjebol database dinas rahasia Inggris dan melakukan sejumlah teror. Si pelakunya adalah mantan agen rahasia Inggris juga yang ingin membalaskan dendam pada M, bosnya si Bond. Bond yang disangka tewas tertembak, akhirnya muncul kembali dan ditugaskan untuk menyelesaikan kasus ini. Inti ceritanya begitu.

James Bond adalah agen rahasia yang selalu dibekali dengan gadget-gadget mutakhir. Di Skyfall, hanya ada dua gadget baru yang dia pegang. Pistol yang memakai sensor sidik jari dan radio transmisi mini. Tapi, kedua benda itu tidak berfungsi maksimal karena Bond lebih suka bertarung dengan tangan kosong. Sayangnya, Bond bukanlah Anjelina Jolie yang akan kelihatan keren banget saat bertarung tangan kosong.

Overall, hmm Skyfall ini kalau skala 1 sampai 10, mungkin di 7 ajalah ya. Tontonan yang memang ditunggu banyak orang, tapi tidak banyak kejutan besar di dalamnya.

Trailer Skyfall:

Yogyakarta, 3 November 2012

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response