Snow White and the Huntsman (2012); Film Transformasi Putri Salju

Snow White and the Huntsman (2012); Film Transformasi Putri Salju
Snow White and the Huntsman (2012). Sumber gambar: IMDB

Snow White and the Huntsman mendapatkan 2 nominasi Iscar untuk kategori Best Achievement in Costume Design dan Best Achievement in Visual Effects.

Snow White and the Huntsman produksi Universal Pictures ini menempatkan Kristen Stewart (Camp X-Ray, Anesthesia, Panic Room) pemeran Bella Swan dalam serial film Twilight menjadi jagoan berbaju zirah yang memimpin pasukan untuk menumbangkan pemerintahan ibu tirinya yang jahat. Cerita utama yang terkait dengan putri salju memang tetap ada, seperti apel merah beracun, ibu tiri, dan 7 kurcaci.

 Namun tentu saja penonton akan bosan tanpa adanya pengubahan yang jauh lebih fantastis dan tidak terlalu “manis”.   Snow White and the Huntsman tidak diproyeksikan sebagai sebuah film romantis di mana pangeran akan membangunkan sang putri dengan sebuah ciuman, ya memang ada ciuman, tapi ada sedikit penyimpangan cerita, barangkali mempertimbangkan perkara siapa sih yang lebih berjasa terhadap hidup Snow White.

 Snow White di usianya yang masih sangat kecil masuk penjara setelah ada kudeta dari pihak ibu tirinya Ravenna (Charlize Teron-The Last Face, Mad Max Fury Road) yang terobsesi dengan kemudaan abadi hingga harus berurusan dengan sihir. Cukup mengingatkan saya dengan film Dorian Gray yang diangkat dari novel Oscar Wilde. Kecantikan sang ratu akan abadi asalkan tidak ada gadis yang mengalahkan dia. Tapi apa mau dikata, Snow White yang tetap dibiarkannya hidup menjadi bumerang. Semakin tumbuh dewasa, sang putri semakin cantik saja dan menjadi ancaman besar bagi Ravenna .

Dengan cara yang agak mudah, Snow White berhasil melarikan diri dari penjara kerajaan dan tersesat ke dalam hutan. Di sana ia bertemu dengan pria pemabuk (The Huntsman) yang dibayar sang ratu untuk menangkap Snow White. Bagi penggemar film Thor, pasti kenal wajah pemerannya. Si pemburu Snow White tidak menyadari jika orang yang ia buru justru seharusnya ia selamatkan. Tapi lagi-lagi dengan mudah Snow White meyakinkan jika dirinya jangan sampai diserahkan kepada sang ratu.

Kemunculan 7 kurcaci menjadi cukup unik dan berkesan. Merekalah yang membawa Snow White ke sebuah tempat perlindungan, negeri para peri. Pasukan kerajaan dengan cepat mengejar mereka dan terjadilan pertempuran kedua belah pihak. William yang dulunya teman sepermainan Snow White dipertemukan kembali. Ia menjadi pemanah hebat meski memang karisma si pria pemburu jauh lebih berkilau darinya.

Setelah mendapatkan pasukan yang cukup banyak, Snow White pun memimpin pertempuran di istana. Tidak banyak adegan heroik yang dilakukan Kristen Stewart dalam film Snow White and the Huntsman, tapi saya cukup deg-degan ketika melihat dia menjalani adegan terlempar, entah terlempar dari kuda, terlempat troll, atau terlempar ibu tirinya. Mudah-mudahan itu benar-benar hanya rekayasa kamera, karena di Twilight dengan spesial efek yang biasa-biasa saja, terlihat tipuannya, dan itu pun bisa dibilang terbang.

Trailer Snow White and the Huntsman:

Leave a Response