Stars and Stripes: Makna Filosofi Bendera Negara Amerika Serikat

Stars and Stripes Makna Filosofi Bendera Negara Amerika Serikat
Stars and Stripes. Sumber gambar: pinterest.com

Bendera Amerika (the Stars and Stripes) merupakan simbol negara yang sudah mengalami sejumlah perubahan. Seperti dengan namanya yang bermakna bintang-bintang dan garis-garis, bendera negara yang terdiri dari 50 negara bagian ini hanya terdiri dari garis dan bintang.

Evolusi Bendera AS

Awalnya, bendera AS memiliki garis merah dan putih sebanyak 13 buah dengan Union Jack berada di sudut sebelah kiri. Angka 13 adalah jumlah negara jajahan Inggris melepaskan diri, di antaranya New York, Virginia, Maryland, Pennsylvania, Massachusetts, Delaware, New Jersey, New Hampshire, Rhode Island, Connecticut, South Carolina, North Carolina, dan Georgia.

Tahun 1777, Union Jack dihilangkan dari bendera AS dengan alasan ketidaklayakan. Digantikan dengan bintang sebanyak 13 buah yang mewakili negara bagian. Masuknya dua negara bagian baru pada tahun 1794 membuat kongres AS harus kembali mengubah bendera mereka dengan tambahan 2 bintang dan garis lagi. Kemudian, bertambah lagi 5 negara bagian dan kongres hanya menambahkan bintang dengan alasan jika garis ditambah hanya akan membuat bendera terlihat ramai.

Perang saudara menyebabkan munculnya gabungan the Confederation States of America yang berniat untuk membuat bendera sendiri yang mereka sebut Stars and Bars, dengan jumlah garis 3 buah dan pada 7 bintang di sudut kiri membentuk lingkaran. Presiden menolak untuk mengurangi jumlah bintang dalam bendera resmi AS. selama perang, jumlah negara bagian bertambah hingga 35 buah. Setelah itu bertambah 11 negara bagian lagi pada tahun 1908.  Tahun 1912, 2 bintang bertambah lagi hingga mencapai 48 negara bagian. Pada tahun 1960, genaplah 50 bintang itu dan bertahan sampai sekarang.

 Negara-Negara Bagian Amerika Serikat

Adapun 50 negara bagian Amerika Serikat adalah Alabama, Alaska, Arizona, Arkansas, California, Colorado, Connecticut, Delaware, Florida, Georgia, Hawaii, Idaho, Illinois, Indiana, Iowa, Kansas, Kentucky, Louisiana, Maine, Maryland, Massachusetts, Michigan, Minnesota, Mississippi, Missouri, Montana, Nebraska, Nevada, New Hampshire, New Jersey, New Mexico, New York, North Carolina, North Dakota, Ohio, Oklahoma, Oregon, Pennsylvania, Rhode Island, South Carolina, South Dakota, Tennessee, Texas, Utah, Vermont, Virginia, Washington, West, Virginia, Wisconsin, dan Wyoming.

Alaskan dan Hawaii adalah 2 negara bagian termuda Amerika Serikat.

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response