Stolen (2012); Film Tentang Sengketa Sekelompok Perampok

Stolen (2012); Film Tentang Sengketa Sekelompok Perampok
Stolen (2012). Sumber gambar: IMDB

Stolen dibuka dengan adegan pengintaian FBI pada sebuah kelompok perampok lihai. Mereka udah berkali-kali mencoba menangkap kelompok ini gagal terus karena emang mereka pinter banget.

Ini pertama kalinya gue nonton film bioskop tengah malem. Dikarena-akibatkan (bahasa lo ancur!) ceritanya lagi asyik nongkrong eh batere laptop gue abis, masih jam 9 tuh. Males banget kan pulang secara ini malem minggu (Jomblo macem apa jam segitu udah di rumah?). Gue sempat kepikiran pindah tempat nongkrong, tapi kok pengen nyobain nonton midnight?

Gue pun buka 21cineplex.com dan ngeliat jadwal film. Hm kayaknya Stolen oke juga nih, secara yang maen aktor kawakan Nicholas Cage. Oke, mari kencan dengan om yang suka main film-film action ini.

Thanks God, malam ini nggak hujan n jalanan nggak gitu macet, beberapa menit gue udah nyampe Amplaz. Udah mo tutup mal ini. Di 21 antrean cuma 1, tiba giliran gue. Gue nyebutin judul film dan disuruh milih tempat duduk. Gue yang pada dasarnya ngantuk (beneran gue ngantuk lho), milih yang diwarnain merah. Eh mbaknya bilang, pilih yang kosong aja. Astaga, merah itu udah dibeli, hijau kosong ya? Healah, yang nonton dikit ternyata. Gue dapet baris A yang emang favorit gue.

Dan tahu nggak, Stolen diputer jam berapa? Jam 22.50 cong! Padahal di webnya 22.30 berarti di Empire XXI muter jam berapa coba? Gila ya! Tapi ya nggak mungkin gue bĂȘte perkara nunggu 20 menit lebih lama. FYI, gue ke amplaz jam 21.30, bisa ngebayangin gelisahnya gue nunggu pemutaran yang akhirnya gue isi dengan tweet nggak berguna, ngomong apa aja asal nggak sampe ketiduran. Plus makan French fries ama minum hot chocolate. Dan tahu sendiri gunanya hot chocolate adalah membuat tidur makin nyenyak hahahah! Ya gimana lagi, gue udah pantang minum kopi.

And then, tibalah pembukaan pintu studio. Kantuk makin parah. Sumpah gue berharap nggak bablas ketiduran biar paling nggak, gue punya bahan yang ditulis gitu loh.

Stolen dimulai pukul 23.00 menurut jam tangan saya. Stolen dibuka dengan adegan pengintaian FBI pada sebuah kelompok perampok lihai. Mereka udah berkali-kali mencoba menangkap kelompok ini gagal terus karena emang mereka pinter banget. Kelompok ini beraksi di sebuah toko perhiasan. Dengan alat-alat yang memadai Will Montgomery (Nicholas Cage) dan rekannya Vincent membobol toko itu. FBI siap-siap nih menggerebek mereka. Eh ternyata mereka membobol tembok dan masuk ke bank. Bank itu mereka rampok. Mereka membawa jutaan dolar. Tapi ketika akan melarikan diri, Vincent dan Will malah berkelahi, Vincent ketembak kakinya. Vincent pun dibawa Will ke mobil di mana Tim dan Riley (Riley satu-satunya cewek dalam kelompok ini). Will pun balik untuk mengambil tas berisi uang itu. Tim yang ketakutan pun membawa lari mobil dan meninggalkan Will begitu saja. Nah Will pun tidak punya jalan lain. Ia melarikan diri namun akhirnya tertangkap. Tapi sebelum tertangkap, ia membakar seluruh uang itu sehingga hanya hukuman penjara 8 tahun yang dijatuhkan kepadanya.

8 Tahun kemudian dia bebas dan berniat jadi orang baik-baik. Tapi siapa sangka ia harus kembali menjadi kriminal karena Tim dan Vincent menagih rampokan mereka. Mereka nggak percaya kalau Will benar-benar melenyapkan uang itu. Karena kesal, Vincent pun menculik putri Will, Allison dan menyekapnya dalam bagasi taksi. Dengan dalih sebagai tebusan, Vincent memaksa Will untuk memberikan tebusan dalam 12 jam sejumlah uang yang pernah mereka rampok dulu.

Will pun menyanggupi. Riley yang membuka bar untuk para polisi, akhirnya turun tangan membantu Will. Nah keseruan pun makin menjadi. Pihak FBI yang ternyata masih metata-matai Will kembali meneruskan pengejaran. Dan Will ini seolah mustahil tertangkap. Ada aja cara-caranya sampai dia bisa mencairkan batangan emas sebagai tebusan. Ini buat gue, gila banget.

Ok, secara keseluruhan, Stolen seru abis. Nicholas Cage yang menurut gue satu-satunya bintang yang bersinar di film ini memang membuat penonton fokus, beda sama film di mana begitu banyak superstar dalam satu frame, bingung mau suka ama yang mana. Tapi akting yang lainnya juga nggak kalah oke. Mereka bisa mengimbangi, begitulah kata-kata yang sepertinya lebih tepat.

Trailer Stolen:

Jogja, 2 Desember 2012

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response