Supergirl (2015-); Serial TV Tentang Superhero Baru di National City

Supergirl (2015-); Serial TV Tentang Superhero Baru di National City
Supergirl (2015-). Sumber gambar: moviepostershop.com

Saya menulis ulasan tentang serial TV Supergirl setelah membahas tentang Alex Danvers dan peran pentingnya dalam serial ini. Dibandingkan dengan Superman yang telah berkali-kali diangkat dari versi komik ke live action, IMDB mencatat bahwa kisah sepupu si Man of Steel ini hanya pernah dibuat sekali, yaitu tahun 1984, dengan pemeran utama Helen Slater sebagai Kara. Melissa Benoist dalam sebuah wawancaranya di Ellen Show mengatakan, dia juga menonton Supergirl lawas sebagai bahan referensinya ketika menghidupkan karakter gadis yang harus meninggalkan planetnya yang terancam kehancuran.

Supergirl adalah alien. Itu satu fakta tak terbantahkan. Lahir di Krypton, punya ibu yang banyak memenjarakan para kriminal kelas kakap, sepupunya punya poni lucu berbentuk huruf S, dan keluarga itu memiliki simbol S alias House of El. Dia diutus untuk mendampingi sepupunya melarikan diri ke Bumi. Tapi apa mau dikata, sesuatu terjadi di perjalanan. Sepupunya yang secara hitungan planet mereka, lebih muda 12 tahun, sudah berubah menjadi Man of Steel. Manusia terkuat di bumi, asalkan tidak berdekatan dengan batu krypton yang berwarna hijau terang.

Berhubung sudah ada Superman, Supergirl tidak perlu ada. Maksudnya, tugas untuk menjaga keamanan bumi cukup di tangan satu orang. Sayangnya, Superman ini tidak mampu menjaga semua kota. Dia milik Metropolis. Bagaimana dengan National City tempat Kara berada? Bagaimana jika ternyata kota ini tidak beda dengan Metropolis, Gotham, dan lainnya?

Karier superhero Kara dimulai sejak dia menolong Alex. Lalu, hampir tidak beda dengan Superman, berbagai aksi-aksi heroik pun dilakukannya. Mulai dari hal-hal receh hingga akhirnya bos besar DEO merekrutnya. Tawaran yang selalu ditolak Superman dengan alasan DEO menyimpan sisa-sisa kryptonite yang sewaktu-waktu bisa dijadikan senjata untuk membunuh alien dari Krypton, termasuk dirinya dan Kara.

Sebagai pemula, Kara perlu belajar banyak dari sepupunya dalam hal menolong orang. Dia punya tempramen yang sekali waktu membahayakan dirinya dan orang lain. Dia juga banyak belajar untuk legowo bahwa tidak semua orang bisa ditolongnya, sekuat apa pun dia. Dia terinspirasi dari sosok Cat Grant yang bertangan besi tapi bisa menjadi sosok teman yang bijak. Jimmy dan Winn adalah dua orang yang menutup rapat-rapat identitas Supergirl dari siapa pun. Dan dari Alex, dia belajar mencintai orang lain seperti mencintai keluarga sendiri.

Supergirl; Serial TV Tentang Superhero Baru di National City
Sumber gambar: thetake.com

Seperti halnya kisah-kisah superhero lainnya, selalu ada musuh-musuh yang datang silih berganti. Kedatangan Kara ke bumi membawa serta para kriminal Fort Rozz dalam satu pesawat khusus. Begitu mendarat di bumi, mereka pun melarikan diri dan bersembunyi. Dua di antaranya adalah Astra dan Non. Astra adalah adik kembar Alura. Alura adalah ibu kandung Kara. Astra ini digambarkan berseberangan dengan pemikiran Alura. Dia berniat menciptakan sebuah jagat yang dikendalikan oleh satu orang. Mind control. Sayangnya niat itu keburu dicegah. Astra dan Non melanjutkan niatan mereka di bumi. Pengaktivan Myriad baru terjadi menjelang episode terakhir Supergirl season 1. Kara terus mencari tahu, seperti apa sebenarnya Myriad. Mind control yang mengerikan. Mereka tidak lagi memiliki keinginan pribadi, tidak punya harapan. Mereka hanya melakukan sesuatu yang diperintahkan dari pusat.

Buat bukan para penggemar Supergirl, serial ini juga bisa dinikmati kok. Ada banyak aktor papan atas yang terlibat di dalamnya, seperti Calista Flockhart (Cat Grant), Jenna Dewan Tatum (Lucy Lane), Floriana Lima (Maggie Sawyer), Chris Vance(Non), Peter Facinelli (Maxwell Lord).

Familiar dengan nama Lane? Lucy Lace adalah adik Lois Lane. Lois Lane pacar Superman. Kelak di season 2, juga akan muncul Lena Luthor, adik angkat Lex Luthor. Musuh besar Superman. Maggie Sawyer pun sebenarnya adalah berasal dari dimensi Superman. Tidak hanya itu, Supergirl juga kelak akan kedatangan superhero semacam The Flash dan tentu saja sepupunya. Yang pasti menaikkan rating bukan alasan utama. Tiap episodenya mendapat rating tinggi. Jika tidak, sudah lama serial ini dibatalkan penanyangannya. Syukurlah tidak, sebab, mungkin alasanmu menonton Supergirl, bukan untuk melihat Supergirl.

Trailer Supergirl:

Jogja, 4 Desember 2016

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response