The Edge of Seventeen (2016); Film Remaja Kesepian yang Nyaris Depresi

The Edge of Seventeen (2016); Film Remaja Kesepian yang Nyaris Depresi
The Edge of Seventeen (2016). Sumber gambar: moviepostershop.com

The Edge of Seventeen masuk dalam nominasi Golden Globes tahun ini kategori Best Performance by an Actress in a Motion Picture – Musical or Comedy. Dibintangi Hailee Steinfeld (Pitch Perfect 2, 10,000 Saints) memerankan Nadine, seorang remaja 17 tahun yang merasa kesepian setelah sahabat semenjak kecilnya, Krista, berpacaran dengan sang kakak, Darian (Blake Jenner-Supergirl, Glee).

Nadine merasa persahabatannya telah berakhir semenjak Krista resmi menjadi pacar kakaknya yang keren tapi narsistik. Sejak kecil, keduanya selalu main bersama-sama. Krista kebingungan ketika Nadine memintanya untuk memilih dirinya atau Darian.

Kemarahan  membuatnya ingin bunuh diri. Rencana itu diungkapkannya pada Mr. Bruner, gurunya di Lakewood High School. Semacam terbiasa dengan polah remaja yang emosional, Mr. Bruner dengan sabar mendengarkan ocehan Nadine. Menanggapi dengan sangat-sangat santai. Rupanya, Nadine tidak puas hanya cuma curhat. Hubungan antara guru dan murid ini tidaklah sampai jauh ke mana-mana. Nadine tetap menyimpan kebencian pada Krista. Dan juga Darian.

Sumber gambar: moviepostershop.com

Di kelasnya, ada seorang murid berdarah Korea yang sering memperhatikannya. Namanya Erwin Kim. Awalnya, Nadine tidak begitu menanggapi. Tapi Erwin selalu siap kapan pun dia butuh. Dia tidak sekadar anak orang kaya, tapi juga punya passion dalam dunia film. Erwin pun juga punya selera humor yang setara dengan Nadine.

Nadine tidak cinta pada Erwin. Dia naksir dengan kakak kelasnya yang bernama Nick. Sebuah pesan Facebook tanpa sengaja terkirim untuk Nick. Berniat mau menghapus apa yang telah diketiknya, eh malah menekan tombol “kirim”. Gadis ini mengira Nick akan bersikap seperti yang dia harapkan. Tapi, Nick hanya ingin menagih apa yang telah Nadine kirim dalam pesan itu.

Masuknya nama Hailee Steinfeld pada Golden Globes serta membuatnya harus bersaing dengan Emma Stone (La La Land), Annette Bening (20th Century Women, Lily Collins (Rules Don’t Aply), Meryl Streep (Florence Foster Jenkins), sedikit banyak membuat saya bertanya-tanya akan alasannya. Ini adalah film remaja di mana unsur musikal atau komedinya tidak seberapa kuat. Dan bahkan endingnya sangat mudah ditebak.

Trailer The Edge of Seventeen (2016):

Jogja, 25 Februari 2017

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response