The Great Gatsby (2013); Film Tentang si Miskin yang Memiliki Segalanya

The Great Gatsby (2013); Film Tentang si Miskin yang Memiliki Segalanya
The Great Gatsby (2013). The Great Gatsby (2013); Film Tentang si Miskin yang Memiliki Segalanya

The Great Gatsby dibintangi oleh Leonardo diCaprio dan Tobey Maguire. Diangkat dari novel karangan F. Scott Fitzgerald. Memenangkan 2 Oscar untuk kategori Best Achievement in Costume Design dan Best Achievement in Production Design.

Berasal dari keluarga miskin, Jay Gatsby berusaha mengubah nasibnya menjadi jauh lebih baik. Di usia 16 tahun, ia pergi dari rumah dan mencoba peruntungan baru. Bertemulah ia dengan Don Cody di saat kapal milik pria itu terkepung badai. Sebagai balas jasa, Gatsby kemudian dianggap sebagai bagian dari keluarga Cody. Tapi begitu Cody meninggal, pihak keluarga langsung membuang Gatsby begitu saja, kembali menjadi seseorang yang punya kelas tapi miskin. Ia kemudian menjadi prajurit dan menjalin hubungan dengan seorang perempuan bernama Daisy, keduanya berpisah selama lima tahun karena Gatsby ditugaskan berperang dan ia masihlah miskin.

Selama masa penantiannya, Daisy dilamar oleh seorang pria kaya bernama Tom Buchanan dan dinikahi hingga memiliki seorang putri. Mereka tinggal di sebuh rumah yang menyerupai kastil dengan dermaga pribadi dengan sebuah lampu hijau yang bisa terlihat dari seberang, oleh Gatsby, sosok yang baru, kaya raya, penyelenggara pesta termewah di New York di masa itu. Sosok pri yang misterius, dan dipertanyakan seputar harta kekayaannya.

Tapi di mata Nick Carraway, Gatsby adalah pria baik dan setia, ia  tinggal tepat di sebelah rumah Gatsby dan kebetulan adalah sepupu Daisy. Dialah yang mempertemukan kembali Daisy dan Gatsby, sebuah kesalahan yang membuatnya cukup stres. Di satu sisi, ia tahu bahwa semua yang dibangun Gatsby semata-mata menarik Daisy kembali ke pelukannya, tapi di sisi lain, Daisy punya kehidupan rumah tangga, meskipun ia pun tahu, Tom punya selingkuhan di luar sana.

The Great Gatsby diakhiri dengan beberapa adegan tragis dan menyedihkan.

Trailer The Great Gatsby

Yogyakarta, 7 Agustus 2014

Leave a Response