Percy Jackson and the Olympians The Lightning Thief (2010)

Percy Jackson and the Olympians The Lightning Thief (2010)
Percy Jackson and the Olympians The Lightning Thief (2010). Sumber gambar: IMDB

Percy Jackson and the Olympians The Lightning Thief. Saya cukup telat tahu tentang film yang satu ini, meski sudah cukup sering mendengar teman-teman sekantor saya membahas novel Rick Riordan. Film Percy Jackson & the Lightning Thief sudah tayang tahun 2010.

Percy Jackson adalah seorang demigod. Ayahnya adalah Poseidon. Remaja yang tahan berada di bawah air tanpa alat bantu pernapasan ini pada awalnya hanyalah murid SMA yang tidak begitu menonjol. Dia punya seorang teman yang menggunakan tongkat bernama Grover.

Percy mulai tahu bahwa dia bukan lagi manusia biasa ketika dirinya berhadapan dengan monster bernama Fury, suruhan Hades, yang ditugaskan untuk memaksa Percy mengembalikan tongkat petir milik Zeus.

Oke, jadi buat yang agak soal mitologi Yunani kuno-saking banyaknya dewa-secara garis besar Olympian itu dikuasai oleh 3 kakak beradik: Zeus, Poseidon, dan Hades. Selain itu juga ada Athena, Ares, Aprodhite, sampai Medusa yang tampil menonjol di sini. Zeus adalah pimpinan tertinggi yang punya tongkat petir, tentu saja untuk menciptakan petir.

Tongkat itu hilang. Zeus tidak tahu siapa yang mencuri tongkatnya dan dia menuduh keturunan Poseidon alias Percy yang mencuri. Zeus mengancam akan terjadi perang antar dewa jika tongkat itu tidak dikembalikan pada waktu yang ditentukan.
Karena bahaya semakin mengancam, Percy dan Grover dimasukkan ke kamp para demigod. Di sanalah semua remaja setengah dewa ditempatkan dan dilatih fisik dan kekuatan lainnya. Percy kemudian mengenal Annabeth, putri Athena. Meski orang tua Percy dan Anna tidak rukun, tapi mereka bisa dekat. Sayangnya Annabeth tidak terlalu menonjol perannya dan dia tidak punya kemampuan supranaturan seperti halnya Percy.

Selain itu, Percy juga berteman dengan Luke. Luke membantu Percy untuk masuk neraka demi menyelamatkan sang ibu yang disandera Hades sebagai jaminan untuk mengembalikan tongkat petir.

Percy kemudian mendapat petunjuk bagaimana caranya masuk ke neraka dan keluar dari sana, yaitu menggunakan mutiara Persephone (istri Hades). Percy bersama Grover dan Anna kemudian mengumpulkan satu per satu mutiara berwarna hijau dengan tidak mudah. Di tempat pertama, mereka harus melawan Medusa (Uma Thurman), di tempat kedua mereka berhadapan dengan Hydra, monster naga berkepala banyak. Di tempat ketiga, mereka terperangkap dengan pengaruh lotus yang membuat mereka lupa waktu.

Selama mengikuti film Percy Jackson and the Olympians The Lightning Thief, saya sama sekali tidak peduli apakah para fans Percy Jackson menyukai film ini atau tidak. Tapi saya bisa mengikuti cerita dari awal hingga akhir tanpa banyak bertanya-tanya banyak hal. Dan hadirnya 2 bintang papan atas membuktikan bahwa film ini digarap dengan serius dan budget yang tidak minimal.

Trailer Percy Jackson and the Olympians The Lightning Thief:

Yogyakarta, 23 Januari 2014

Leave a Response