The Prestige (2006); Film Trik Jahat Para Pesulap Hebat

The Prestige (2006); Film Trik Jahat Para Pesulap Hebat
The Prestige (2006). Sumber gambar: IMDB

Are you watching closely? Jika menonton sebuah pertunjukan sulap, kita nggak bakal tahu, apa saja trik-trik yang digunakan para pesulap sehingga tampak begitu nyata. Mulai dari menghilangkan seekor burung pipit dari meja, berpindah tempat dalam waktu sekejap mata, sampai yang ekstrem seperti keluar dari kotak besar berisi air dengan keadaan tangan dan kaki diikat. Inilah inti cerita The Prestige.

The Prestige mempertemukan Hugh Jackman dan Christian Bale ini membuat saya merinding dengan manipulasi-manipulasi yang dihadirkan secara gamblang. Bersetting di tahun 1800-an, dua pesulap muda bersaing mencapai popularitas, awalnya dengan sportif, lama-kelamaan makin agresif dan mempertaruhkan nyawa.

Kedua tokoh villain The Prestige membuat saya tidak berpihak kepada salah satunya karena keduanya benar-benar kejam dan berusaha saling bunuh. Alfred Borden (Christian Bale-American Hustle, Exodus) akhirnya menjalani persidangan karena dugaan pembunuhan berencana atas Robert Angier (Hugh Jackman-Les Miserables, X-Men, Australia).

Awal dari dendam kesumat di antara keduanya dipicu karena kesalahan fatal yang dilakukan Borden hingga mengakibatkan kematian istri Angier di tengah-tengah pertunjukan. Skenario sebenarnya adalah Julia akan diikat oleh dua orang penonton yang ditunjuk oleh Cutter (keduanya masih bekerja pada pesulap ini), tentu saja dengan simpul yang mudah dibuka dalam waktu singkat. Siapa yang menduga jika Borden melakukan improvivasi sehingga ikatan itu menyulitkan Julia dan gagal keluar dari kotak air. Ia gagal diselamatkan dan kesalahan langsung ditimpakan pada Borden.

Sejak itu, keduanya memilih jalan masing-masing. Borden yang memang menyebalkan, selalu menyabotase pertunjukan Angier, termasuk sampai membunuh mantan rekan kerjanya itu. Lalu begitu pengadilan memutuskan hukuman mati, Borden pun diberikan buku catatan milik Angier. Dan di saat itulah, Borden menyadari, justru dirinya yang dijebak habis-habisan.

The Prestige menjadi lebih keren dengan hadirnya Scarlett Johansson (Lucy, The Avengers) sebagai mata-mata yang dikirim Angier semasa hidup setelah istrinya meninggal untuk mencari tahu rahasia sulap Borden. Ya kok malah Olivia dan Borden malah terlibat skandal perselingkuhan.

Ada satu pesan yang ingin disampaikan dalam film ini bahwa, pesulap sama sekali tidak menggunakan sihir, mereka bahkan menggunakan teknologi sains paling mutakhir untuk membuat keajaiban-keajaiban. Ada penjelasan di setiap trik, tentu saja para pesulap tidak mungkin membongkar triknya karena dengan itulah mereka bekerja. Kalaupun ada yang penampilannya begitu misterius bak menyihir, itu hanyalah bagian pendukung belaka.

Are you watching closely? Maybe not.

Trailer The Prestige:

Jogja, 8 Juni 2015

Nisrina Lubis

Nisrina Lubis

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response