The Truth About Jane (2000); Film Tentang Coming Out pada Orang Tua

The Truth About Jane (2000); Film Tentang Coming Out pada Orang Tua
The Truth About Jane (2000). Sumber gambar: IMDB

The Truth About Jane adalah salah satu film LGBT yang mengangkat peliknya konflik batin yang dihadapi seorang remaja ketika harus jujur pada kedua orang tua mengenai orientasi seksualnya. Para orang tua di Amerika Serikat sana boleh jadi tidak mempermasalahkan generasi muda yang mencintai sesama jenisnya, tapi belum tentu bisa dengan mudah menerima fakta jika anaknya sendiri adalah bagian dari itu. Mulailah mereka mencari berusaha mencari penyebabnya hingga ekstremnya menyalahkan diri sendiri hingga putra-putri mereka sampai “salah jalan”.

Salah satunya adalah Jane (Ellen Muth). Dia anak yang telah lama dinanti-nantikan hadir ke dunia. Anak pertama yang juga anak emas dalam keluarga. Jane tumbuh menjadi remaja yang baik, penurut, jarang bertingkah. Segalanya menjadi baik-baik saja hingga Jane tidak bisa menyembunyikan sesuatu dari dalam dirinya. Cinta masa remajanya jatuh pada sosok Taylor. Murid pindahan dengan masalahnya sendiri.

Hubungannya dengan Taylor bocor ke sekolah. Teman-temannya mulai meledeknya lesbian dan itu disangkalnya hingga titik lelah dirasakannya juga. Apa yang salah jika dirinya mencintai perempuan? Tindak kejahatan apa yang telah dilakukannya? Jane memilih jujur kepada orang tuanya. Bukannya mendapatkan perlindungan, dia diharuskan untuk menemui psikolog. Setiap hari dia harus berhadapan dengan orang tua yang begitu mengharapkannya bisa sembuh. Kedekatannya dengan sang guru yang juga sama dengannya, malah dipermasalahkan.

Sumber gambar: lesbian-drama-movies.com

Jane ingin rasanya kabur dari rumah saja, meski ia tidak punya tempat untuk bernaung sementara. Dia merasa, sudah tidak ada cinta dari ayah dan ibunya lagi. Bahwa orientasi seksualnya adalah penyakit yang harus sekali disembuhkan. Dia mulai berpikir untuk bunuh diri.

Kisah dalam The Truth About Jane mengingatkan saya dengan sejumlah film lain, seperti Show Me Love, Lost & Delirious, dan Sonja. Sering kali apa yang dialami di masa remaja hanyalah sebuah fase yang akan berlalu begitu saja. Dan tantangan terbesar adalah untuk berani mengatakannya kepada dunia, seberat apa pun konsekuensi di belakang kelak. Lagi-lagi, tidak mudah bagi orang tua untuk menerima sebuah kenyataan bahwa anaknya menyukai sesama jenis. Dan itu adalah satu dari penyakit yang bisa disembuhkan entah bagaimana caranya.

Trailer The Truth About Jane:

Jogja, 11 September 2016

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response