The Vampire Diaries Dark Reunion (Atria, 2011): Novel Tentang Urban Legend di Kota Fell’s Church

The Vampire Diaries Dark Reunion (Atria, 2011);
The Vampire Diaries Dark Reunion (Atria, 2011)

Kota Fell’s Church punya sejarah kelam yang tidak mungkin dilupakan secara turun-temurun. Perang Sipil yang merenggut begitu banyak nyawa menyisakan kenangan yang bagi siapa pun tidak ingin mengingatnya. Pergolakan yang begitu dahsyatnya itu tidak membawa kejayaan sedikit pun. Hanya perih dan arwah yang tidak lelah bergentayangan tersisa di sana.

Namun, bukan hanya itu saja memori yang terukir dalam buku sejarah Fell’s Church. Ada sebuah cerita lain yang tersimpan selama ratusan tahun dan terungkap oleh Bonnie dan kawan-kawannya. Cerita yang mau tidak mau harus mereka ketahui demi mencari titik terang atas penyebab kematian teman-temannya yang tragis.

Fell’s Church tak ada bedanya dengan kota-kota lain yang memiliki urban legend. Definisi urban legend dalam Wikipedia adalah sebagai berikut:

An urban legend, urban myth, urban tale, or contemporary legend, is a form of modern folklore consisting of stories usually believed by their tellers to be true. As with all folklore and mythology, the designation suggests nothing about the story’s veracity, but merely that it is in circulation, exhibits variation over time, and carries some significance that motivates the community in preserving and propagating it.

“Sebuah legenda kota, mitos kota, dongeng kota, atau legenda kontemporer merupakan bentuk dari cerita rakyat modern yang terdiri dari kisah-kisah yang biasanya diyakini kebenarannya oleh sumber penceritanya sendiri. Seperti halnya cerita rakyat dan mitologi, ini sulit untuk diungkap realitasnya, dan selalu muncul variasinya dari waktu ke waktu, terbawa ke dalam masyarakat dan menyebar begitu saja.”

Dalam The Vampire Diaries Dark Reunion, pembaca diarahkan untuk mengetahui lebih banyak mengenai urban legend kota Fell’s Church, dan inilah salah satu kutipannya, sumbernya adalah buku harian Honoria Fell, orang yang pertama kali membangun kota tersebut:

“12 November. Lilin sudah dibuat, serat rami sudah dipintal. Persediaan tepung jagung dan garam kami tiris, tetapi kami mampu melewati musim dingin. Semalam, ada sesuatu yang mengejutkan; kawanan serigala menyerang Jacob Smallwood saat dia kembali dari hutan. Aku mengobati luka Jacob dengan whortleberry dan kulit kayu sallow, tetapi luka itu dalam dan aku takut. Setelah pulang ke rumah, aku membaca primbon. Aku tidak menceritakan hasilnya kepada siapa pun, kecuali Thomas.” (Hlm. 175).

Catatan harian Honoria ini kemudian sedikit diubah oleh entah siapa sehingga menjadi sejarah resmi kota Fell’s Church yang akhirnya berbunyi begini:

“Thomas Fell dan istrinya mendatangi kediaman keluarga Smallwood dan menemukan Jacob Smallwood kembali diserang oleh seekor serigala dan serigala itu membunuhnya….” (Hlm. 176).

Dari catatan tersebut yang tersebut, maka terkuaklah biang dari kematian Sue Carson di hari ulang tahun Meredith. Kematian tragis itu kembali menggores hati Bonnie, Caroline, dan Meredith, sepeninggal Elena. Pembaca bisa mengetahui kronologi kematian Elena di buku seri ke-3.

The Vampire Diaries Dark Reunion cukup seru meskipun sedikit ada kemiripan dengan kisah-kisah vampir lainnya, seperti novel Twilight maupun Buffy the Vampire Slayer. Alur ceritanya sedikit hambar dan kejutan-kejutan yang dihadirkan terkesan datar. Pembaca dibuat terlalu mudah menebak si pelaku pembunuhan tanpa perlu panjang-panjang berpikir. Dan, kaum Old One sedikit mengingatkan kita kaum Volturi di novel Twilight, nggak sih?

Judul buku : The Vampire Diaries Dark Reunion
Penulis : L.J. Smith
Penerjemah : Nengah Krisnarini
Tebal : 328 hlm
Ukuran : 13 × 20,5 cm
ISBN : 978-979-024-247-0
Terbit : Maret 2011
Website : penerbitatria.com
Kategori : novel thriller

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response