The Young Pope (2016-); Paus Muda dan Intrik Para Kardinal Tua

in Serial TV by
The Young Pope (2016-); Paus Muda dan Intrik Para Kardinal Tua
The Young Pope (2016-). Sumber gambar: IMDB.

The Young Pope masuk dalam nominasi Golden Globes 2018 kategori Best Performance by an Actor in a Limited Series or a Motion Picture Made for Television. Ditujukan kepada, tentu saja Jude Law, yang memerankan paus termuda berdarah Amerika Serikat bernama Lenny Belardo.

Lenny menjadi pemimpin tertinggi gereja Katolik Roma sekaligus kepala negara Vatikan secara sah. Tidak ada politik kotor atau suap-menyuap sehingga di usia yang masih 47 tahun, dia mampu menyingkirkan saingannya yang juga mentornya, Kardinal Spencer.

Tapi, semenjak dia resmi menjabat paus, sejumlah kardinal di belakangnya mulai kasak-kusuk. Kardinal-kardinal ini memang aneh. Mereka jelas-jelas memilih dengan kesadaran penuh, tapi ujung-ujungnya cari perkara.

Awalnya saya pun mengira Paus Pius XIII ini memang akan melakukan pelanggaran ajaran agama, melihat dari tingkahnya yang jauh dari sikap para paus sebelum dia yang ramah dan dekat kepada umat. Okelah, dia memang sengaja menarik diri dari sorotan pers dengan alasan, tidak ada pentingnya menampakkan wajah kepada mereka dan dia terlalu lamban dalam bekerja padahal pekerjaan yang harus diselesaikannya tidaklah sedikit. Ingat, dia kepala negara.

Namun sang paus tetaplah seorang penganut Katolik taat. Di balik wajahnya yang jarang tersenyum dan sikapnya yang mengintimidasi, dia selalu berusaha meyakinkan para pejabat negara yang sekuler untuk percaya akan eksistensi Tuhan. Tidak mudah, karena keyakinan itu perkara pribadi.

Ketika resmi menjabat paus, Lenny memilih Sister Mary yang merawatnya sejak kecil sebagai asisten pribadi sekaligus melaporkan segala pergerakan para kardinal. Dia pun juga mencari informasi dari Pendeta Don Tomasso yang selama ini mendengarkan pengakuan dosa para kardinal dan umat lainnya.

Selain para kardinal yang berusaha melengserkan sang paus dengan berbagai cara, The Young Pope yang ditayangkan perdana di HBO ini, juga menyoroti sisi personal Lenny yang merindukan pertemuan dengan kedua orang tuanya. Sister Mary tidak begitu ingat dengan kedua orang tua Lenny saking banyaknya anak di panti asuhannya. Lenny sering dihantui mimpi bertemu kedua orang tuanya. Satu-satunya benda yang menghubungkan dengan mereka adalah pipa cangklong yang satu bagiannya ada yang hilang.

Tokoh Lenny Belardo memang hanyalah fiktif belaka sebab dalam sejarah, belum pernah ada paus dari negara adikuasa yang terpilih dari prosesi conclave. Predikat adikuasa itu adalah salah satu alasannya.

Karakter Lenny yang berasal dari negara bebas berpendapat berkontradiksi dengan sikap anti kepada kaum homoseksual. Dia akan mengirim kardinal yang diketahuinya homoseksual ke tempat yang sangat jauh, tanpa peduli bahwa di sisi yang lain, kardinal tersebut tidak punya masalah apa-apa. Kelambanannya dalam bereaksi terhadap masalah juga pada akhirnya makin menguatkan niat para kardinal untuk mengguncang takhta sang paus.

Meski berperan sebagai seorang pemimpin gereja tertinggi, Jude Law, tidak diharuskan untuk menghafal Injil dan berkhutbah di depan massa. Dia hanya sesekali berbicara dalam bahasa Latin. Dan sama sekali tidak berbicara dalam bahasa Italia. Bahasa Italia hanya digunakan dalam percakapan di antara para kardinal berdarah Italia.

Lokasi pengambilan gambar hampir seluruhnya di Roma, dengan membangun replika St. Peter’s Basilica, hingga lukisan-lukisan indah yang menghiasi dinding-dinding sampai ke langit-langit. Pakaian kebesaran sang paus juga dibuat oleh para pakar yang juga menjahit baju untuk para paus dan kardinal. Ketika mengenakan baju-baju yang begitu mewah, hilang sudah kesan paus yang sederhana. Dia berubah menjadi raja yang mewakili Tuhan. Para kardinal wajib mencium tangan dan menuruti kata-katanya.

Jogja, 19 Desember 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

Latest from Serial TV

Partners Section:

best thai dating appbest thai dating appbest thai dating appbest thai dating appbest thai dating appbest thai dating appbest thai dating appbest thai dating appfree iphone 8free iphone 8free iphone 8free iphone 8free iphone 8free iphone 8free iphone 8free iphone 8
error: All contents protected, please contact email below to copy
Go to Top

Powered by themekiller.com sewamobilbus.com caratercepat.com bemp3r.co