Things You Can Tell Just by Looking at Her (2000); Film Tentang Bukan Kebetulan

Things You Can Tell Just by Looking at Her (2000); Film Tentang Bukan Kebetulan
Things You Can Tell Just by Looking at Her (2000). Sumber gambar: IMDB

Things You Can Tell Just by Looking at Her mengingatkan saya dengan film Berbagi Suami beberapa tahun lalu, karena ternyata dunia nggak selebar daun kelor. Di awal cerita, saya berpikir ini sebenarnya jalinan ceritanya seperti apa. Carmen, seorang perempuan yang bunuh diri karena keracunan gas. Kasus ini ditangani oleh seorang detektif perempuan, Kathy.

Lalu di layar muncul satu judul This Is Doctor Keener. Mulailah cerita pertama. Dokter Elaine Keener (Glenn Close-Albert Nobbs)) adalah seorang dokter yang suatu hari menggantikan tugas suster untuk merawat ibunya yang sudah tua. Dia kemudian janjian bertemu dengan Christine (Calista Flockheart-Supergirl), seorang pembaca kartu tarot. Christine kemudian mengungkapkan bahwa Elaine adalah sosok yang menutup dirinya dari orang lain dan tidak bahagia. Entah benar atau tidak, tapi Elaine tidak menyangkal hal tersebut.

Cerita kedua, Fantasies About Rebecca. Rebecca, seorang manajer bank menjelang usia 40 tahun menjalin hubungan dengan seorang pria beristri. Hubungan mereka berlangsung selama 3 tahun, hingga Rebecca ini hamil 6 minggu. Karena Robert tidak mungkin akan menerima anak itu, Rebecca kemudian memutuskan untuk aborsi.

Cerita ketiga, Someone for Rose. Seorang ibu dengan putra 15 tahun, kedatangan tetangga baru depan rumah yang bertubuh cebol. Albert adalah sosok pria yang ramah dan ia pernah memberikan satu tanaman untuk Rose.
Good Night Lilly Good Night Christine. Nah, di cerita keempat, saya mulai paham keterkaitan antartokoh. Akhirnya, memasuki kehidupan si pembaca kartu tarot. Dia memiliki kekasih yang menderita kanker. Keduanya memiliki masa-masa indah hingga kanker menggerogoti hidup Lilly.

Kelima tokoh utama di Things You Can Tell Just by Looking at Her semuanya perempuan dan karakternya sama-sama kuat. Konflik-konfliknya sederhana, tapi terasa istimewa mengikuti ceritanya hingga akhir dan penasaran apa hubungannya antara si A dengan B. Things You Can Tell Just by Looking at Her berdurasi 109 menit, pertama kali diputar di Sundance Film Festival). Saya butuh dua kali atau lebih untuk menemukan semua keterkaitan dalam film keren ini.

 Trailer Things You Can Tell Just by Looking at Her:

Jogja, 14 April 2014

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response