Ulang Tahun ke-12, Qwords Dinner Bareng Pelanggan dan Blogger

Ulang Tahun ke-12, Qwords DInner Bareng Pelanggan dan Blogger
Ulang Tahun ke-12, Qwords. . Sumber gambar: tapakrantau.com.

Saat ditunjuk untuk menyampaikan kesan dan pesan di depan tamu-tamu yang hadir pada perayaan ulang tahun Qwords yang ke-12, saya mengatakan bahwa selama 2 tahun belakangan, perkara membeli domain dan hosting via Qwords sudah tak asing saya lakukan. Blog kantor bahkan sampai sekarang masih menggunakan hosting di sini.

Acara hanya berlangsung 2 jam, lagi-lagi di rooftop Yellow Star Hotel Jalan Adi Sucipto, tempat beberapa waktu lalu Qwords mengadakan acara buka puasa bersama. Menjelang pukul 7, barulah acara dimulai. Tamu-tamunya tidak sebanyak acara buka puasa. Saya masuk dalam kategori pelanggan, dan komunitas blogger juga ada yang diundang. Emak-Emak Blogger dan Duta Damai.

Setelah sambutan, tamu-tamu diajak untuk mengikuti sebuah presentasi tentang produk-produk Qwords saat ini. Yang mulai terasa menyamai fasilitas dari penyedia hosting lainnya adalah paket Qwords Cloud Web Hosting. Sistem penyimpanan dengan cloud dirasa jauh lebih baik dengan kapasitas lebih besar dan lebih ringan. Saya cuplik paket-paket yang sekiranya bisa dipilih oleh para blogger di luar sana yang selama ini masih numpang di blogspot/wordpress dan mau punya rumah virtual sendiri.

Saya lewati untuk paket Qwords Cloud Web Hosting E, S, M tersebab lokasi servernya semua di Indonesia. Murah, tapi ah sudahlah. Untuk memasang platform WordPress saja akan menghabiskan banyak megabyte. Blog di kantor saya sekarang menggunakan yang Cloud Web Hosting L. Lokasi servernya pilih saja yang Singapura, nggak usah jauh-jauh ke Amerika kalau konten murni berbahasa Indonesia. Gratis domain, sebenarnya domain sekarang nggak begitu mahal juga sih. Kapasitas 15GB. Setahun itu 595.000 belum termasuk pajak 10%. Kita bisa membuat sebanyak-banyaknya akun email dengan nama@domainsendiri tanpa batas. Tapi patut diingat, berhematlah karena blog akan memakan kuota dan email juga demikian. Ada 6 Addon+Parked, bagi yang mau menumpangkan domain lain di domain utama. Kuota traffic 360 GB. Ini sebenarnya bagi blog yang ramai pengunjung masih rentan dengan down. (Selengkapnya di sini)

Mau yang lebih kuat, boleh coba Cloud Web Hosting XL, dengan kapasitas dua kali lipatnya. Sekitar sejutaan deh setahun. Quota traffic mencapai 510 GB, 8 Addon+parked, dan tentu saja gratis domain. (Selengkapnya di sini)

#salebration qwords
#QwordsSALEbration. Sumber gambar: Qwords.com

Kalau itu dianggap masih juga kurang, saya sarankan pakai VPS sekalian, bukan lagi shared hosting di mana data kita masih berkumpul bersama data-data orang lain. Idealnya, sebuah portal online yang sibuk menggunakan VPS. Dalam rangka ulang tahun ke-12, Qwords punya promo #QwordsSALEbration di mana VPS dijual dengan diskon 40% recurring alias berlaku ketika perpanjangan. Silakan cek detail mengenai yang satu ini langsung di situsnya deh, berhubung saya belum pernah menggunakannya. Jika bingung memilih mana paket VPS yang paling tepat tentunya sesuai kebutuhan, coba bikin tiket ke bagian marketing. Nanti akan dijelaskan lebih detail. Setiap pertanyaan akan direspons sesegera mungkin, bahkan saya pernah mengalami trouble jam 2 pagi dan itu tetap dilayani sampai trouble itu selesai.

Oh ya, bagi yang hanya ingin membeli domain saja, silakan memilih mulai dari yang .com hingga dengan berbagai ekstensi. Kalau mau dapat yang murah banget, tunggulah sampai ada promo. Domain .com yang familiar dipilih para blogger sering kali dipotong harga untuk pembelian pertama. Pembelian selanjutnya kembali ke harga awal. Sebab di luar negeri pun, promonya pernah ada yang hanya 1 dolar.

Domain .me atau .xyz itu juga harganya bisa diskon sampai 12 ribuan. Saya pernah beli karena kata teman saya, sebisa mungkin belilah domain sebanyak mungkin untuk 1 blog. TapakRantau sudah ada .id, .pw, .site, .us, .world, .review. Serakah ya, tapi ini sangat menguntungkan sebenarnya. Termasuk mencegah adanya pihak tertentu yang ingin menumpang nama dari domain kita.

Dan setelah cara potong tumpeng oleh Mas Rendy Maulana Akbar, tamu-tamu pun dipersilakan untuk menikmati hidangan makan malam ala chef Yellow Star. Sambil ditemani suara-suara pesawat yang melintas untuk mendarat setiap sekian menit sekali. Malam tidak sedingin biasanya. Dari lantai 9, saya merasa baik-baik saja. Sayangnya, saya datang nggak sama pacar.

Satu yang saya harapkan dari Qwords dan juga saya sampaikan ketika ditunjuk untuk kesan dan pesan adalah harga dan fasilitas yang setidaknya menyamai penyedia jasa hosting di luar negeri. Sebab, bukan hanya saya yang memilih “beremigrasi” hosting karena ya, ada yang lebih hijau di luar sana.

Semoga sukses selalu dan selamat hari jadi yang ke-12, Qwords!

Jogja, 25 Agustus 2017

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response