Upgrade Sepeda; Membuat Performa Sepeda Lebih Baik

in Olahraga by

Upgrade sepeda adalah sebuah hal yang boleh jadi tidak perlu dilakukan, ada kalanya memang harus dilakukan. Salah satu alasan untuk melakukan upgrade sepeda adalah meningkatkan performa. Sama hal dengan kendaraan, setiap produsen telah membekali dengan spare part  standar. Saya tidak pernah berpikir untuk mengganti satu bagian pun pada motor saya karena sejauh ini, setelah saya bawa ke mana-mana, semuanya baik-baik saja.

Upgrade Sepeda; Membuat Performa Sepeda Lebih Baik
Sumber gambar: westmauicycles.com

Lalu apa yang salah dengan sepeda saya sehingga perlu upgrade? Saya punya Polygon Monarch 2.0. Kelas terbawah keluaran produsen yang telah ber-SNI dan dikenal hingga internasional. Tidak hanya satu, banyak ulasan tentang sepeda yang menyebutkan bahwa, Polygon membanderol sepeda dengan mahal tapi dengan group set biasa. Saya seorang pemakai sepeda, soal pengetahuan seputar itu saya tidak tahu. Yang saya perlu tahu adalah bagaimana menguasai teknik bersepeda sebanyak-banyaknya dengan latihan.

Saran pertama kali yang muncul ke permukaan adalah supaya saya mengupgrade speed dari 3×7 menjadi 3×10, jika memang saya tertarik untuk speed training. Saran lain yang datang adalah mengganti ban menjadi lebih kecil jika ingin laju sepeda lebih kencang. Mengganti stang yang oversize juga muncul ke permukaan. Dan soal mengganti fork, terpikirkan oleh saya untuk menggantinya dengan chrome untuk menyempurnakan suspensi depan.

Sempat terpikir oleh saya, kenapa tidak mengganti sepeda sekalian. Frame besi menjadi hal pertama yang cukup mengganggu, meskipun saya mulai ragu. Apa iya besi itu menjadi faktor speed saya tidak bisa meningkat pesat.

Setelah tanya sana-sini. Rata-rata sepeda dengan spesifikasi lebih baik, mulai dari frame alloy, fork dengan chrome, speed 3×10, harganya 2 juta ke atas. Ada sih yang lebih murah, selain Polygon. Hanya saja dari beberapa review, ada keluhan di sana-sini. Sempat terpikir juga untuk membeli yang bekas, lalu saya lupakan.

Akhirnya saya mengambil keputusan. Saya akan memulainya dari ban. Pertama, upgrade ban ke merek Swallow. Ada 2 tipe ban untuk MTB 26 inci. Mau yang lebar dengan merek Kenda, atau yang kecil merek Swallow. Kenda bagus untuk jalan tanah dan bebatuan. Saya pastinya juga harus upgrade fork dari yang Zoom. Untuk harga upgrade fork sekitar 350 ribu. Saya pilih Swallow, kembali ke niat saya untuk berlatih di aspal. Dua ban sebesar 90 ribu. Ban Swallow sebenarnya belumlah setipis 700cc sepeda roadbike. Masih sangat bisa untuk melewati jalan berbatu. Sudah saya buktikan hari ini, tanpa selip sedikit pun. Di jalan aspal, jelas sangat enak.

Lalu saya juga meng-upgrade stang sebab oversized. Artinya ukuran stang bawaan terlalu panjang dan rendah. Akibatnya tubuh saya membungkuk, sementara idealnya tubuh tegak. Jangan samakan dengan roadbike yang memang didesain untuk membungkuk. Biayanya 160 ribu. Stang saya lebih ringan, diganti dengan bahan aluminium dari awalnya besi. Lalu ditambah 1 stem sehingga posisi punggung saya menjadi lebih nyaman.

Saya masih berpikir untuk satu kali lagi melakukan upgrade, tidak dalam waktu dekat sebab saya ingin menyesuaikan dengan kondisi sepeda yang baru. Saya ingin mencobanya untuk long riding. Untuk jarak dekat, kram di tangan maupun di lengan sudah tidak terasa. Apakah itu juga akan berlaku sama untuk jarak jauh.

Keputusan upgrade sepeda ada tangan masing-masing pemiliknya. Bisa jadi pula seseorang lebih sibuk upgrade dan menjadi malas bersepeda. Bisa pula menjadi pemicu seseorang untuk semakin meningkatkan kualitas dirinya. Jangan ragu untuk meningkatkan performa sepeda, selagi itu memang kita butuhkan ketimbang badan dipaksa untuk merasakan ketidaknyamanan saat mengayuh. Jangan sampai di jangka panjang kita merasakan dampak buruknya.

 

Jogja, 28 Agustus 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

Latest from Olahraga

Partners Section:

best thai dating appbest thai dating appbest thai dating appbest thai dating appbest thai dating appbest thai dating appbest thai dating appbest thai dating appfree iphone 8free iphone 8free iphone 8free iphone 8free iphone 8free iphone 8free iphone 8free iphone 8
error: All contents protected, please contact email below to copy
Go to Top

Powered by themekiller.com sewamobilbus.com caratercepat.com bemp3r.co