Veer-Zaara (2004); Kisah Cinta Tanah India dan Pakistan

Veer-Zaara diambil dari nama dua tokoh utama yaitu Veer Pratap Singh (Shakh Rukh Khan) dan Zaara Hayat Khan (Pretty Zinta). Veer merupakan putra petani di tanah India yang menjadi seorang kepala skuadron AD di India. Dalam tugas dia bertemu Zaara. Perempuan ini berasal dari Pakistan yang berlatar belakang agama Islam. Cerita ini bermula kehidupan keduanya di negara masing-masing. Veer yang seorang petugas penyelamat sementara Zaara seorang putri politikus yang akan menikah dengan putra rekan politik ayahnya. Suatu hari Zaara sedang dalam perjalanan menuju India untuk menaburkan abu pengasuhnya yang baru saja meninggal.

Di tengah perjalanan bis yang ditumpanginya mengalami kecelakaan, namun semua penumpang selamat. bis itu terperosok ke jurang. Datanglah helikopter yang membawa Veer untuk menyelamatkan korban. Di saat itu Veer dan Zaara mulai jatuh cinta. Veer meminta Zaara ikut ke desanya. Dia memperkenalkan Zaara pada kedua orang tuanya dan juga budaya India. Setelah sehari menginap, Zaara kembali ke Pakistan. Cerita mulai masuk pada konflik ketika hari pernikahan Zaara dengan Raza, Veer datang. Raza sangat marah dan menjebloskan Veer ke penjara. Selama 22 tahun Veer bungkam. Barulah setelah itu ada seorang pengacara, Saamiya (Rani Mukerji) membantunya. Veer pun akhirnya mau bercerita pada Samiya tentang dirinya. Film ini pun menceritakan kejadian seluruhnya.

Bisa dikatakan cerita Veer-Zaara cukup menarik. banyak hal yang disorot, antara lain perbedaan budaya, agama dan politik yang ada di kedua negara. Akting Shah Rukh Khan tetap natural dan seimbang dengan Pretty Zinta. Banyak adegan-adegan mengharukan yang menjadi ciri khas film-film India. Kalau kamu juga penasaran, tonton aja film berdurasi sekitar 3 jam lebih ini.

Trailer Veer-Zaara:

Leave a Response