We Need to Talk About Kevin (2011); Film Kegagalan Relasi Ibu dan Anak

We Need to Talk About Kevin (2011); Film Kegagalan Relasi Ibu dan Anak
We Need to Talk About Kevin (2011). Sumber gambar: IMDB

We Need to Talk About Kevin pernah masuk dalam nominasi Golden Globe 2012 untuk kategori Best Performance by an Actress in a Motion Picture – Drama untuk aktris Tilda Swinton.

Kevin bukan bocah biasa. Lahir dengan sikapnya yang lebih banyak diam, tapi banyak berulah. Kenakalannya tidak berlaku untuk semua orang. Ia hanya nakal pada ibu dan adik perempuannya. Dokter tidak menemukan sesuatu yang salah pada bocah berambut pirang dan berwajah tampan itu. Bersama sang ayah, dia menjadi anak yang periang dan lucu.

Hingga dewasa, Kevin tetap begitu. Jangan harap bakal menemukan jawaban, apa yang sebenarnya membuat Kevin bersikap dingin pada ibu dan adiknya. Semua itu dibiarkan menjadi misteri, sampai Kevin melakukan sebuah tindakan kriminal sekaligus tragis hingga membuatnya masuk penjara. Kejadian tersebut membuat sang ibu ikut mendapat akibatnya. Diasingkan bahkan dicemooh oleh masyarakat. Kehidupannya menjadi kacau.

Kegagalan relasi Ibu-Anak di film We Need Talk About Kevin
Sumber gambar: taringa.net

Ada sekali momen Kevin begitu dekat dengan sang ibu. Hanya sekali, dan keesokan harinya, kebekuan itu berulang kembali. Kedekatan Kevin dan sang ayah tidak bisa tergantikan. Kepada sang ayah, Kevin tidak pernah mengotori rumah, mencoreti dinding, bahkan sampai taraf melukai. Sang ayah mengajarinya memanah, membelikannya hadiah panah, mulai dari yang mainan sampai kelas pro punya.

Setelah Kevin masuk penjara, sang ibu pindah rumah dan mencoba mencari pekerjaan baru. Sebelumnya dia adalah seorang penulis yang cukup mapan. Di pekerjaan barunya, Eva tidak bisa berbaur dengan kawan-kawan kerjanya. Sepertinya begitu banyak hal yang ingin ditutupinya, dirasakannya sendiri. Ada kesedihan mendalam, dan dijelaskan menjelang akhir dari film ini.

We Need to Talk About Kevin pernah masuk dalam nominasi Golden Globe 2012 untuk kategori Best Performance by an Actress in a Motion Picture – Drama untuk aktris Tilda Swinton yang dalam film ini juga sebagai produser. Peran Kevin remaja dimainkan oleh Ezra Miller. Sepertinya tim casting dalam film ini sangat serius mencari pemeran Kevin sehingga Kevin kecil dan remaja boleh dibilang mirip, mulai dari fisik sampai tingkah lakunya.

We Need to Talk About Kevin memang tidak melibatkan terlalu banyak dialog, tapi mengeksplorasi pada alur-alur cerita yang maju dan mundur hingga akhirnya mengerucut pada jawaban apa yang perlu dibicarakan tentang Kevin.

Selamat menonton.

Trailer We Need to Talk About Kevin:

Jogja, 9 Oktober 2015

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response