Weekend (2011); Kisah Cinta Dua Pria di Akhir Pekan

Weekend (2011); Kisah Cinta Dua Pria di Akhir Pekan
Weekend (2011). Sumber gambar: IMDB.

Film Weekend garapan Andrew Haigh (juga sebagai penulis skenario) ini berjaya di sejumlah festival film gay dan lesbian, seperti Czech Gay and Lesbian Film Festival 2011, Gay and Lesbian Entertainment Critics Association (GALECA) 2012, GLAAD Media Awards 2012, Hamburg Lesbian and Gay Film Festival 2011, L.A. Outfest 2011. Selengkapnya cek sendiri di IMDB ya.

Menampilkan Tom Cullen (Russell) dan Chris New (Glen) yang berstatus sebagai fuck buddies alias teman tidur belaka tanpa komitmen. Ini termasuk film indie favorit para gay karena romantis tapi berkualitas. Saya pun sepakat karena tidak semata-mata perkara memuaskan nafsu. Setidaknya, selain dada yang belepotan sperma, di antara keduanya ada dunia baru yang dibangun perlahan.

Russell adalah anggota regu penyelamat di sebuah kolam renang. Latar belakangnya tidak jauh-jauh dari dunia olahraga air tersebut. Maka wajar badannya jangkung dan berisi. Suatu hari, dia bertatapan mata dengan seorang pria di dalam sebuah kelab malam. Bisa ditebak, keduanya lalu berakhir terengah-engah di tempat tidur.

Perkenalan mereka dimulai dari sana. Kita akan dibawa mengenal sosok Glen yang seniman. Yang bebas, tak suka komitmen, yang tukang madat. Hidupnya penuh dengan senang-senang. Russell belum seterbuka Glen. Di depan pintu apartemen Russell, mereka tak bisa berciuman karena nanti dilihat tetangga. Lingkungan sekitarnya pun dihuni para homofobia.

Selama akhir pekan, keduanya menghabiskan waktu bersama. Untuk terakhir kalinya, karena Glen akan pergi ke Amerika selama 2 tahun untuk belajar. Russell kaget dong. Dia itu dalam proses bagi sayang-sayangnya dan Glen mengatakan dirinya akan pergi seolah hal yang mudah. Glen memang begitu. Glen pernah punya luka masa lalu yang membuatnya tidak tertarik punya cowok lagi. Baca pelan-pelan ya: tidak-tertarik-punya-cowok-lagi bukan tidak-tertarik-sama-cowok. Tidak dengan alasan apa pun.

Sisa kebersamaan mereka pun terasa panjang. Waktu seakan melambat hingga keduanya sempat datang ke pesta, ke pasar malam, bertukar cerita, mengisap ganja, nge-fly, bercinta sampai hari berganti. Di saat terakhir pertemuannya dengan Glen, Russell pun membuka lebih banyak tentang dirinya, tentang pemikirannya yang disimak Glen yang setengah teler. Tapi, jangan berharap Glen akan terbuka hatinya dan menerima Russell untuk jadi pacarnya.

Pengambilan gambar film Weekend sepenuhnya dilakukan di Nottingham, Inggris Raya.

Jogja, 29 Agustus 2017

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response