Winrar; Perangkat Lunak untuk Menghemat Ukuran File

Winrar; Perangkat Lunak untuk Menghemat Ukuran File
Winrar. Sumber gambar: pinterest.com

Ina sedang sibuk mengatur bagaimana caranya mengirim foto-foto hasil survey lapangannya pada Edo. Sudah berkali-kali ia meng-upload ke 4shared, tapi selalu gagal di tengah jalan. Padahal foto-foto itu harus segera sampai di tangan Edo. Untung saja teringat dengan saran temannya agar selalu mengkompres file besar dengan menggunakan software WinRAR yang gratis. Dengan mengkompres, proses pengiriman data jarang terjadi kegagalan.

Pada dasarnya, semua file bisa dikompres, mulai dari film, musik, e-book, software, dan sebagainya. Ini tentunya sangat memudahkan Anda yang mau tidak mau sering mengirimkan file dalam ukuran besar. Data yang sudah dikompres,misalnya dengan WinRAR tidak akan mengalami perubahan apa pun, apalagi sampai menyebabkan kerusakan, karena tujuan utamanya tidak lain mengurangi sedikit ukuran data. Tapi, setelah Anda ekstrak kembali, ukurannya akan sama seperti semula.

Inilah yang membuat banyak orang yang merasa terbantu dengan adanya WinRAR. Dengan dukungan jaringan internet yang stabil maka pengiriman berbagai data tentu tidak akan menemui hambatan.

Tampilan WinRAR terbilang sederhana tidak berlapis-lapis. Setidaknya, yang akan paling sering Anda pilih adalah Add (untuk mengkompres data) dan Extract (untuk mengembalikan data kompres ke bentuknya semula). WinRAR mampu mengekstrak sejumlah file berbentuk. TAR, ACE, bz2, JAR, ISO, dan ZIP.

Jika Anda merasa kurang puas dengan kinerja WinRAR, ada banyak pilihan compression tools yang telah dikembangkan sedemikian rupa. Selain, WinZIP, Anda boleh-boleh saja mencoba 7-Zip, ALZip, BitZipper, IZRac, dan PeaZip. Semua software tersebut merupakan pesaing WinRAR yang menjadi rekomendasi sebuah situs review internasional dan juga diakui para penggunanya memiliki kinerja yang baik dan mampu mengkompres data jauh lebih ringan ketimbang WinRAR.

Tips Mengkompres Data

  • Organisir data serapi mungkin dalam folder. Jika Anda mengkompres data untuk tujuan menghemat ruang pada hard disk, inilah langkah yang tidak boleh Anda lewatkan.
  • Pastikan data yang akan Anda kompres terbebas dari virus berbahaya.Setelah
  • file dikompres, jangan buang file asli Anda. Jika ternyata komputer Anda sudah terlalu penuh, simpanlah ke dalam CD/DVD dan simpan file compress di dalam komputer.
  • Jika Anda akan mengkompres program dalam ukuran besar, misalnya Office 2007, pastikan program tersebut tidak mengalami kerusakan atau terinfeksi virus. Tentu tidak akan ada gunanya menyimpan program yang sudah rusak, kan?
  • Jika Anda akan mengirim data yang sudah dikompres melalui jaringan internet, pastikan jaringan Anda stabil. Jika Anda memakai situs sharing seperti 4shared yang gratis, pastikan Anda tidak melanggar batas kuota yang ditentukan.
  • Jika Anda tidak yakin dengan jaringan internet pribadi Anda stabil ataukah tidak, cobalah mengirim data melalui warnet yang biasanya memiliki akses cepat sepanjang waktu.
Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response