Younger Now (2017); Revolusi Positif Musik Miley Cyrus

Younger Now (2017); Revolusi Positif Musik Miley Cyrus
Younger Now (2017). Sumber gambar: GENIUS.

Menjelang akhir tahun 2017, penantian akan rilisnya album-album baru makin meningkat. Sedikit melihat ke belakang, di bulan September ada Freedom Child (The Script), Native Invader (Tori Amos), Concrete and Gold (Foo Fighters), Double Dutchess (Fergie), Wonderful Wonderful (The Killers), Gemini {Macklemore), Tell Me You Love Me (Demi Lovato), Younger Now yang akan saya bahas kali ini.

Lalu di bulan Oktober, Gwen Stefani akan mengeluarkan album You Make It Feel Like Christmas, Liam Gallagher dengan album As You Were, Marilyn Manson dengan album Heaven Upside Down, Pink! dengan album Beautiful Trauma, St. Vincent dengan jagoannya Masseduction, mantan personel One Direction Niall Horan dengan Flicker, yang sangat saya tunggu dari Kelly Clarkson ada Meaning of Life.

Di November ada Tay… bentar… sebelumnya ada Blake Shelton yang saya tergoda ingin mendengarkan lagu-lagu dia di album sebelumnya. Albumnya kelak berjudul Texoma Shore. Noel Gallagher yang tidak mau kalah dari Liam, akan mengeluarkan Who Built the Moon?. Band keluarga The Corrs dengan Jupiter Calling. Evanescence menyerang dengan Synthesis. Nah, Taylor Swift dengan Reputation. Fan Björk juga boleh bersenang hati karena album Utopia juga akan rilis. Untuk di bulan Desember, U2 akan merilis album Songs of Experience.

Kenapa saya memilih membahas album terbaru Miley ketimbang Demi Lovato yang rilis di tanggal yang persis sama? Saya menangkap ada revolusi dalam musik Miley. Dia juga mulai “menemukan dirinya kembali” setelah sempat membuat kepala saya pening karena penampilan panggung teramat provokatif.

Di tahun 2013, album Bangerz mendulang sukses. Salah satu produser albumnya adalah Pharell William, yang juga terlibat dalam album milik Beyonce, Ed Sheeran, Nelly, hingga Gloria Estefan. Album ini mendapat sertifikasi Gold di Australia, Austria, Mexico, dan Inggris. Di Kanada, Polandia, Swedia, termasuk Amerika Serikat meraih Platinum.

Sebelum Younger Now, Miley sempat merilis album eksperimental dengan nuansa psychedelic yang saya tidak paham sama sekali. Maaf ya kalau tidak saya bahas sedikit pun album kelimanya itu.

Musik country adalah genre yang kurang menjanjikan kemewahan. Barangkali itulah yang mendorong Taylor Swift meninggalkan dunia tersebut tanpa bilang-bilang ke saya, lalu dia asyik dengan instrumen-instrumen elektronik yang perlu lebih lama dicerna kepala.

Miley memutuskan untuk kembali menghanyutkan dirinya dalam musik country, dan mengajak Oren Yoel, yang sempat menjadi salah satu produser untuk album Miley Cyrus & Her Dead Petz. Hanya mereka berdua. Dan lirik-lirik lagu sebagian besar ditulis oleh Miley. Tidak heran, terasa sangat personal.

Sebuah artikel menyebutkan, Miley memutuskan untuk bersih dari pengaruh ganja dan alkohol demi keberhasilan album ini. Usaha yang tidak sia-sia karena saya sampai bela-belain menunggu albumnya rilis gratis di Spotify hari Jum’at kemarin.

Keinginan Miley untuk kembali ke akar country tercium kuat ketika merilis single Malibu di bulan May 2017. Dalam lagu itu dia membukanya pengakuan konyol seperti begini:

 

I never came to the beach or stood by the ocean

I never sat by the shore under the sun with my feet in the sand

Lalu dia menyambungkannya dengan kenangan romantis:

But you brought me here and I’m happy that you did

‘Cause now I’m as free as birds catching the wind

 

“Kamu” dalam lagu ini, dan lagu-lagu lainnya merujuk pada sang tunangan Liam Hemsworth, yang hubungannya sempat putus-nyambung dan diselingi hubungan cinta Miley dengan model Stella Maxwell lalu kembali lagi pada Liam.

Demi mengenang Stella Maxwell, Miley pun membuatkan lagu berjudul She’s Not Him. Miley mengakui dirinya panseksual yang artinya saya pun tidak tahu pasti dan tidak mau mencari tahu karena tidak terlalu penting. Miley mengakui perasaan dan kekagumannya pada Stella, tapi Liam tidak tergantikan. Ya jelas tidak tergantikan, dalam banyak aspek. Oke, cukup.

Lagu-lagu country memang terkesan melankolis, dengan lirik-lirik cinta mendayu-dayu. Bahkan, penyanyi country pria yang berbadan kekar dengan wajah ditumbuhi cambang, toh tidak jauh-jauh membahas perkara cinta-cintaan. Saya akan bahas deh nanti album terbarunya Shania Twain yang juga rilis berbarengan kemarin Jum’at.

Younger Now terdiri dari 11 track, yang dibuka dengan Younger Now itu sendiri. Disambung dengan Malibu. Kemudian dia berduet dengan penyanyi senior Dolly Parton untuk Rainbowland. Oh ya, pernah nonton The Tonight Show di mana Jimmy Fallon dan Miley mengamen di stasiun kereta api di New York? Saya pikir lagu ini akan masuk di album terbarunya. Ternyata tidak. Kalau bukan Miley yang menyanyikannya, saya nggak bakal tahu lagu ini ada di dunia.

Di track keempat, disambung Week Without You, Miss You So Much, I Would Die for You, Thinkin’, Bad Mood, Love Someone. Semuanya akan membawamu memikirkan pacar dari pagi sampai pagi lagi. Atau berfantasi berada di sebuah padang rumput sambil berkuda berdua dan selanjutnya terserah apa bisikan setan.

She’s Not Him mengisi posisi kesepuluh alias antiklimaks dari rasa manis-manis yang sedang direguknya bersama kekasih hati. Mengorek kenangan soal mantan nggak usah terlalu berlarut-larut ya, sebab kemampuan itu hanya Taylor Swift yang mampu mengolahnya menjadi lagu enak. Terakhir, track Inspired, menutup hidangan Miley untuk kali ini. Hanya berdurasi 41 menit, cukup singkat dan padat ya.


Jogja, 30 September 2017

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response